KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERKONTEKS ANYAMAN KETUPAT

Dhea Ayu Liana, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji- t. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII disalah satu Sekolah Negeri di kecamatan Baregbeg kabupaten Ciamis. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik  purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai materi ajar adalah bangun ruang sisi datar (kubus, balok, limas dan prisma). Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Konteks Anyaman Ketupat, Realistic Mathematics Education (RME).  

Full Text:

PDF

References


Firdaus, V. M., & Putra, L. V. (2022). Pengaruh model realistic mathemac education berbantuan congklak terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi Kpk dan Fpb SD Negeri 4 Purbowangi. Jurnal JUPENSI, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.301

Hotima, H. (2020). Etnomatematika Pembuatan Ketupat di desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, banyuwangi. Universitas PGRI Banyuwangi.

Irawan, A., Kencanawaty, G., & Febriyanti, C. (2018). Realistic mathematics and ethnomathematics in improving problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012108

Lady, A., Utomo, B. T., & Lovi, C. (2018). Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 55–57. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954

Sofyani, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran brain-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik Siswa. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 89–96.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Ul-Haq, W. R. (2023). Pengaruh model realisic mathematics education berbasis etnomatematika permainan tradisional terhadap pemahaman konsep geometri siswa. 1–91.

Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh