Analisis Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Tripel Phytagoras

Resti Febriyanti Sudrajat, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana habits of mind matematis siswa SMP dalam materi Tripel Phytagoras. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dalam penelitian kualitatif. Dengan subjek penelitian sebanyak 51 siswa kelas IX di SMPN 1 Lumbung di Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan instrumen non tes yaitu berupa angket terdiri dari 32 soal pernyataan yang terbagi menjadi 16 soal pernyataan negatif dan 16 soal pernyataan positif berdasarkan 16 indikator dalam habits of mind matematis. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa habits of mind matematis siswa SMP dalam materi Tripel Phytagoras secara keseluruhan berada pada persentase 51% sampai dengan 75% mendapatkan kriteria baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah habits of mind pada siswa SMP termasuk kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Ahdiyenti, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Sistematik. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 150–162. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.933

Aisy, R., & Kurniasari, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Siswa dalam Membuat Soal Matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 196–200.

Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. (2020). Penelusuran Kebiasaan Berpikir ( Habits Of Mind ) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 121–129. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/22666

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Kebiasaan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta

PGRI, 58, 197–202.

http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715%0Ahttp://ww w.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/4715/730

Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322

Intaniasari, Y., & Utami, R. . (2021). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43– 54. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752

Junita, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2019). Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(03), 1–9.

Kiki Nia Sania Effendi, & Rina Marlina. (2019). Motivasi Belajar Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Brain Based Learning. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.559

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Journal, 3(2), 174. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

Mulvia, R., Ulfa, S., & Ady, W. N. (2021). Rasch Model: Identifikasi Kemampuan Habits Of Mind Peserta Didik SMA. JURNAL Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(1),

https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1258

Pebriana, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis Habits Of Mind Matematis Siswa SMP dalam Materi SPLDV. Sesiomadika, 47, 2022.

Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran ( Habits of Mind ) Terhadap. Jurnal, 2(2), 181– 185.

Solihah, S., Kartono, K., Dwijanto, D., & ... (2021). Pemahaman Konseptual dan Prosedural Matematis dalam Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar …, 489. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/827

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh