EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODULE PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER KONSERVASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Larasti Fatona, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan e-modul terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi fungsi kuadrat di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental. Dalam penelitian ini digunakan desain One Group Pretest-Posttest. Pada penelitian ini perlakuan yang diberikan adalah penggunaan e-modul pada materi fungsi kuadrat. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 1 Kota Banjar. Subjek penelitian Siswa kelas X.1 yang berjumlah 17 siswa. Sebelum perlakuan siswa diberikan pretest dan setelah perlakuan siswa diberikan posttest yang berjumlah 3 soal uraian. Penelitian ini dijelaskan menggunakan rumus Uji-T dan N-Gain. Uji-T digunakan untuk menghitung apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa signifikan atau tidak, sedangkan N-Gain digunakan untuk menghitung besar peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Peningkatan kemampuan berdasarkan analisis N-gain diketahui bahwa kemampuan koneksi matematis berkategorikan tinggi, sehingga menunjukkan nilai pretest dan posttest terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil uji T-Test (Paired Sample T-test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hasilnya dapat dilihat dari peningkatan kemampuan posttest.

Keywords


Effectiveness; E-Module; Conversation of Characteristics; Mathematical Connection Ability

Full Text:

PDF

References


Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, M., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model PjBL dengan Tugas

Creative Mind-Map untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. Unnes

Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri

Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187.

https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Huda, N., Afidatuzzaro, N., Sujarwo, I., & Sari, S. U. R. (2024). Efektivitas Modul Pembelajaran

Matematika Berbasis Elektronik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.

JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 434–443.

https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6129

Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan

Self-Efficacy Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange

(RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80–92.

Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis

Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Juliana, M., Fitraini, D., Susanty, E., & Mahmita. (2023). Integration of Islam in Application-Based

E-Modules (A Development Study in Facilitating Problem-Solving Capability). Jurnal Prinsip

Pendidikan Matematika, 6(2), 127–137. https://doi.org/10.33578/prinsip.v6i2.210

Lestari, N., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

SMA Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 93–102.

Mertha Jaya, I. M. L. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (F. Husaini, Ed.; 2nd ed.).

Quadrant.

Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press.

Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa

Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 25–30.

Ratau, A., & Bugis, H. (2024). Efektivitas e-modul interaktif matematika berbasis local issues

dengan pendekatan personalized learning terhadap computational thinking. DWIJA

CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 311. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i2.89649

Ruswana, A. M. (2016). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction with Structured Inquiry (Pisi)

untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Teori Dan Riset

Matematika (TEOREMA), 1(1).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Pelajaran Matematika. MES

(Journal of Mathematics Education and Science), 2.

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan Api Matematika (M. A. Rudhito, Ed.). CV Jejak.

Tralisno, A., & Alfi, S. (2024). Efektivitas E-Modul Matematika Menggunakan Flip PDF Corporate

Edition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Global and

Multidisciplinary, 2(8). https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Tujuan Pembelajaran

Matematika.

Wijoyono, V. V., Negara, I. N. S., & Aryanto, H. (2015). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat

Penggunaan Gadget Bijaksana Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Surabaya. Jurnal DKV

Adiwarna.

Wisnubroto, K. (2025, February 27). Komitmen Pemerintah Melindungi Anak di Ruang Digital.

Https://Indonesia.Go.Id/Kategori/Editorial/9037/Komitmen-Pemerintah-Melindungi-Anak-Di-

Ruang-Digital?Lang=1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh