Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Literature Review

Siti Aisah, Lilis Lismayanti

Abstract

Pendahuluan Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mencari solusi alami dalam menangani hipertensi, dan salah satu bahan alami yang menarik perhatian adalah jus tomat. Hipertensi merupakan masalah yang cukup besar di seluruh Indonesia, dinyatakan dengan jumlah kasus hipertensi di Indonesia sebesar 63.309.620 orang. Sedangkan angka kematian di Indonesia akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian Tujuan literature Review ini untuk mengetahui pengaruh jus tomat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Metode Penelitian : penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan menggunakan google scholar antara tahun 2018-2023. Pembahasan : jus tomat mengandung senyawa bioaktif seperti likopen, beta-karoten, vitamin C, dan potassium, yang memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah. Hasil : dari literature review ini bahwa terapi komplementer terhadap jus tomat. Menunjukan hasil yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah. Kesimpulan : konsumsi jus tomat segar efektif untuk membantu penderita hipertensi dalam pengendalian tekanan darah sistolik dan diastolik. Saran : Diharapakan dapat dijadikan masukan sebagai penyusun standar operational prosedur (SOP) untuk penatalaksanaan tindakan keperawatan pada penderita hipertensi.

Keywords

jus tomat; tekanan darah tinggi; hipertensi

Full Text:

PDF

References

Astuti, D., & Hartinah, D. (2019). P Engaruh P Emberian T Erapi D Zikir T Erhadap P Enurunan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 252–263.

Hastuti, M. F., & Sunanto. (2018). Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik pada Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan, 11(2), 44–47.

Nugraha, B. A. (2018). Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Didesa Lemahireng Kecamatan Bawen. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 1(2), 1. https://doi.org/10.32584/jikk.v1i2.173

Septimar, Z. M., Rustami, M., & Wibisono, A. Y. G. (2020). Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Tangerang Tahun 2020: A Literature Review. Jurnal Menara Medika, 2(2), 66–73.

Trismiyana, E., Isnainy, U. C. A. S., & Herizon, H. (2020). Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Kotabumi 2 Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 791–800. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.