Metode Table Top Exercise (TTX) Berbasis Community Health Nursing Terhadap Disaster Preparedness Siswa Sekolah Dasar

Nurul Iklima, Mery Tania

Abstract

Upaya peningkatan kesiapsiagaan bencana telah menjadi perhatian utama dengan diadakannya simulasi evakuasi, dan pelatihan keterampilan. Meskipun upaya tersebut telah dilakukan, masih banyak tantangan dalam meningkatkan disaster preparedness pada anak sekolah dasar. Metode table top exercise (TTX) merupakan salah satu metode simulasi yang mudah diterapkan kepada anak. Tujuan penelitian  mengetahui efektifitas metode table top exercise berbasis community health nursing terhadap disaster preparedness pada siswa sekolah dasar. Metode quasi eksperimen two group pretest-posttest design akan digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. 49 Siswa diambil menjadi responden menggunakan metode total sampling. Selanjutnya 25 siswa masuk ke dalam kelompok kontrol dan 24 siswa kelompok intervensi. Disaster preparedness diukur sebelum dan sesudah pelaksanaan metode table top exercise menggunakan instrumen baku dari LIPI-UNESCO/ISDR. Dalam pelaksanaan simulasi bencana alam gempa bumi, siswa akan dibimbing menggunakan metode simulasi table top exercise. Hasil penelitian mendapatkan mean skor disaster preparedness siswa sebelum intervensi adalah 58,3 (SD = 10.01), dan setelah intervensi adalah 60.5 (SD = 9.84). Tidak dapat perbedaan mean yang signifikan antara skor disaster preparedness kelompok kontrol dan kelompok intervensi (F=0,650, p>0,05). Simpulan dalam penelitian ini metode table top exercise tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan disaster preparednes. Walaupun metode ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan, metode table top exercise dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa pada kondisi bencana alam.

Keywords

community health nursing; disaster preparedness; table top exercise

Full Text:

PDF

References

Dimitrov, D., Dimitrov, D. M., & Rumrill, P. D. (2003). Pretest-Posttest Designs and Measurement of Change. In Work (Vol. 20). IOS Press. https://www.researchgate.net/publication/10826237

Fahrurijal, R., Tohari, A., & Muttaqien, I. (2020). Mikrozonasi Seismik Di Wilayah Ancaman Sesar Lembang Antara Seksi Cihideung Dan Gunung Batu Berdasarkan Pengukuran Mikrotremor. RISET Geologi Dan Pertambangan, 30(1), 81. https://doi.org/10.14203/risetgeotam2020.v30.1092

Husna, C., Kamil, H., Yahya, M., Tahlil, T., & Darmawati, D. (2020). Does Tabletop Exercise Enhance Knowledge and Attitude in Preparing Disaster Drills? Nurse Media Journal of Nursing, 10(2), 182–190. https://doi.org/10.14710/nmjn.v10i2

Ireland, M., Ea, E., Kontzamanis, E., & Michel, C. (2006). Integrating Disaster Preparedness Into a Community Health Nursing Course: One School’s Experience. Disaster Management and Response, 4(3), 72–76. https://doi.org/10.1016/j.dmr.2006.03.001

Jackson, S. F., Fazal, N., Gravel, G., & Papowitz, H. (2017). Evidence for the value of health promotion interventions in natural disaster management. In Health Promotion International (Vol. 32, Issue 6, pp. 1057–1066). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/heapro/daw029

Jayanti, D., & Dewi, K. (2022). Proceedings of The 6 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

Keim, M. E. (2015). Disaster preparedness. In Ciottone’s Disaster Medicine (pp. 200–214). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-28665-7.00032-7

Mirzaei, S., Eftekhari, A., Mohammadinia, L., Tafti, A. A. D., Norouzinia, R., & Nasiriani, K. (2020). Comparison of the Effect of Lecturing and Tabletop Exercise Methods on Level of Preparedness of Nurses against Natural Disasters. Journal of Holistic Nursing and Midwifery, 30(1), 17–26. https://doi.org/10.32598/JHNM.30.1.3

Nasional, B., & Bencana, P. (n.d.). Rencana Nasional Penanggulangan Bencana 2020-2024.

Novia Ilsa1, F. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.

Sakurai, A., Bisri, M. B. F., Oda, T., Oktari, R. S., Murayama, Y., Nizammudin, & Affan, M. (2018). Exploring minimum essentials for sustainable school disaster preparedness: A case of elementary schools in Banda Aceh City, Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 29, 73–83. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2017.08.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.