Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental Ringan Di SLBN Ciamis Tahun 2023

Ita Hartati, Dini Nurbaeti Zen, Asep Wahyudin Hidayat

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi. Kemampuan sosialisasi merupakan hal yang penting dalam membentuk prilaku anak bagaimana anak berkomunikasi, berperilaku dan bersikap kepada orang – orang di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLBN Ciamis. Desain penelitian ini menggunakan “Analitik Cross Sectional”. Sampel penelitian ini adalah semua orang tua dan anak di SLBN Ciamis sejumlah 82 responden. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 responden dan teknik samplingnya Simple Random Sampling, Variabel independent pola asuh orang tua dan variable dependent kemampuan sosialisasi anak retardasi mental, data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada orang tua dan observasi pada anak retardasi mental, cara menganalisanya menggunakan “Uji Spearman Rank” dengan tingkat signifikasi ρ ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukan dari 51 responden sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis sejumlah 21 orang dengan persetase 41%. Dan  anak yang aktif  bersosialisasi sejumlah 29 anak dengan persentase 57%. Hasil uji statistic didapatkan tingkat signifikasinya adalah ρ ≤ α (0,041 ≤ 0,05). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa Negeri Ciamis.

Keywords

Pola Asuh Orang Tua; Kecanduan Gadget; Anak usia sekolah dasar

References

Anam. 2017. Sikap Orang Tua Dalam Penanganan Anak Reterdasi Mental Di SLB Negeri Bendo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan.

Somantri, S. Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT Refika Aditama. 2012

Martha Permadi. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Jombang Tahun 2019. Skripsi STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

Wahyu DS. Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak retardasi mental di SLB C Negeri Denpasar. Diakses tanggal 12 November 2015. Retrieved from http://repository.stikeswiramedika.ac.id.

Eko Prabowo. 2014. Konsep Dan Aplikasi Asuhan keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tiranata, Retnaningsih, & Suwarsi. Hubungan dukungan sosial dengan harga diri orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SLB N 1 Bantul. Jurnal Keperawatan Respati. 2015. Volume 2, Nomor 1, 2088-8872.

Muhith, A. Pendidikan keperawatan jiwa (teori dan aplikasi). Yogyakarta: ANDI. 2015.

Wiyani Ardy Novan. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media

Trianasari, Ratna. (2013). Gambaran Konsep Diri Orang Tua Yang Mempunyai Anak Dengan Retardasi Mental Sedang Pada Siswa SD di SLB Putera Asih Kota Kediri. Skripsi, Stikes Surya Mitra Husada.

Muhith, A. Pendidikan keperawatan jiwa (teori dan aplikasi). Yogyakarta: ANDI. 2015.

Notoadmodjo, Soekidjo. (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed, 5. Rineka Cipta. Jakarta.

Nursalam. (2015). Pendidikan Praktis Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010 . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Rafika Aditama.

Risnawati, D. D., Ummah, B. A., & Septiwi, C. Hubungan antara dukungan sosial guru dengan kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental di SLB Putra Manunggal Gombong Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. 2010. Volume 6, Nomor 1.

Wahid, Abdul. Konsep orang tua dalam membangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma, 2015. Volume 2, Nomor 1, 2406-9787.

Iriawan, R., Nurhidayat, & Pratama, A. B. Hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental ringan di SLB N 1 Bantul Yogyakarta. Jurnal Keperawatan, 2016. Volume 4, Nomor 1, 226-232.

Hidayat, N. 2009. Hubungan Tingkat Pemahaman Anak Usia Dini Dengan Tingkat Penggunaan Metode Pendidik Di Bantul Yogyakarta, Jurnal Pusat Studi, Vol,XII, no 2.

Ulfa Trianingsih. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak pada Usia Pra Sekolah di TK Muliya Kecamatan Krembangan Surabaya Tahun 2021.Skripsi STIKES Hang Tuah Surabaya.

Meta Rikardi.2020. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental di SLBN 2 Padang. Jurnal Kesehatan Lentera Aisyiyah, 3(1):283-289.

Nani, D. (2010 ). Pengaruh dukungan sosial terhadap kemampuan sosialisasi anak berkebutuhan kkhsus di SLB Yakut. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. 2010. Volume 9, Nomor 3.

Format Referensi dengan Gaya APA (American Psychological Association) Edisi ke-6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.