Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecanduan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Sdn 7 Ciamis

Nida Rahma Fauziah, Dini Nurbaeti Zen, Nina Rosdiana

Abstract

Penggunaan gadget tidak hanya untuk orang dewasa atau anak-anak saja, tetapi mulai digunakan di masa kanak-kanak. Dalam pola asuh orang tua memegang peranan yang sangat penting, karena kemudahan penggunaan kecanggihan teknologi yang menarik pada gadget memungkinkan anak usia sekolah dasar menggunakan gadget nya sendiri. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan sampel 85 responden. Metode penarikan sampel dengan cara pengambilan sample secara acak (Stratified Random Sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruhnya orang tua menerapkan pola asuh Demokratis (80%) dan Sebagian besar anak tidak mengalami kecanduan gadget (65,9), ada hubungan pola asuh orang tua dengan kecanduan gadget pada anak usia sekolah dasar. Uji spearman rank menunjukan bahwa r = 0,007 (r<α=0,05) yaitu ada hubungan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecanduan gadget pada anak usia sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan agar orang tua lebih memantau dan membatasi waktu penggunaan gadget tidak lebih dari 2 jam sehari, menentukan jadwal yang sesuai untuk anak bermain gadget, mengajak anak-anak bermain diluar rumah, menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak anak, serta memberikan contoh yang baik dan tidak terus menerus menggunakan gadget. 

Keywords

Pola Asuh Orang Tua; Kecanduan Gadget; Anak usia sekolah dasar

References

Arikunto S. 2016 Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto

Fajrina, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian dari siswa terhadap pembelajaran daring di SMA laboratorium Unsyiah pada masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional 2020: “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar” (P.272). Surabaya: Universitas Negri Surabaya.

Febrina, C., & Mariyana, R. (2021). Gadget’s Addiction Scale: An Adolescents Analytic Survey. Asian Community Health Nursing Research, 8. https://doi.org/10.29253/achnr.2020.2850

Fenia M, & Busyairi. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua, Penggunaan Gadget, dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V JLJ, 8(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj.

Hasnah, N., & Sugito. (2020). Analisa Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456.

Hendrawan, T. (2012). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Di MI Miftahul Iman Kecamatan Kedung Kandang Kelurahan Lesanpuro Kota Malang, (07410031), 1–16.

Hurlock, Elizabeth B. (2013). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kautsar ND (2021). Sering Berbaring Sambil Main Game Online, Pelajar SMP di Ciamis Alami Kelumpuan. Diakses pada 7 maret 2023. https://merdeka.com/jabar/sering-berbaring-sambil-main-game-online-pelajar-smp-di-ciamis-alami-kelumpuhan.html

Kim, Y. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol.17, No1

Kristiadina. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Merokok Pada Remaja Pria Di Nginden Jangkungan Kecamatan Sukolilo Surabaya. Program Sarjana Stikes Hang Tuah Surabaya: Surabaya. Skripsi dipublikasikan.

Kwon, M. dkk. (2013). Development and validation of a smartphone addiction scale (SAS), Plos One, 8,12,1-7.

Kwon, M., Kim, D., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone Addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents,8(12), 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558

Kwon, M., Kim, D., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone Addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents,8(12), 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558.

Lin. Yu-Hsuan, Chang, L, Lee, Y,.Tseng, H,. Kuo, T, B, J, Chen, S. (2014) Development and validation of the smartphone addiction inventory (SPAI). PLoS ONE, 9, 1-5. doi: 10.1371/journal.pone.0098312.

Notoatomodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan ketiga Jakarta PT Rineka Cipta

NugrohoTri Adi. (2017). Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Aktivitas Anak di Dunia Maya: Studi, Vol 13 No., 1–20.

Ormrod, J. (2009). Psikologi Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Erlangga.

Palar, J. E., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget,6.

Putri, N. I. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Tingkat Kecanduan Gadget Pada Remaja Menggunakan Metode CertaintyFactor. Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung: Bandung. Skripsi Dipublikasikan.

Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengsn Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margerejo Kabupaten Pati. Jurnal keperawatan dan Kesehatan masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 137-145.

Rokhim A. (2023) Puluhan Anak di Pati Dirawat di Bangsal kejiwaan usai Kecanduan Gadget, Begini Kata DPRD. Diakses pada 5 mei 2023 https://radarkudus.jawapos.com/pati/05/02/2023/puluhan-anak-di-pati-dirawat-di-bangsal-kejiwaan-usai-kecanduan-gadget-begini-kata-dprd/

Santika, I. (2017). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Setianingsih, Ardani, A. wahyuni, & Khayati, F. noor. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Universitas Lampung, XVI (2), 191–205. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Subarkah Milana Abdillah. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan anak (Vol. 15, Issue 1).

Sugiyono. 2016 Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit CV. Bandung: PT Alfabet

Suherman RN. (2019). Skripsi Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Pra Sekolah.

Surbakti, E.B. (2013). Parenting anak-anak. Jakarta: Alex Media Karputindi.

Susilowati, E. (2013). Pola asuh orang tua dan perkembangan anak usia prasekolah. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50, 852–1035.

Syifa Layyinatus, Setianingsih Eka Sari, & Sulianto Joko. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533.

Tim CNN Indonesia (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Di Indonesia Kecanduan Internet diakses pada 7 maret 2023. https://www-cnnindonesia-com.cdn.amproject

Trisilia, Letty. (2013). Kontrol Diri Sebagai Prediktor Kecanduan Menggunakan Blacberry Service.Program Studi Psikologi Universitas Sumatera Utara: Sumatera. Skripsi Dipublikasikan

Whisnu Pradana (2021). Kasus Anak Kecanduan Gadget Di Jabar, Belasan Rawat Jalan-Ada Yang Menginggal. Diakses pada 7 maret 2023. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5501680/kasus-anak-kecanduan-gadget-di-jabar-belasan-rawat-jalan-ada-yang-meninggal

Wijayanti A E, Anisah N, Purwandari (2021). Edukasi smart gadget pada anak usia sekolah. Volume 1 nomor 2.

Yusonia, A. (2018). Hubungan antara kecanduan smartphone dengan kualitas tidur pada remaja. Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya. Skripsi dipublikasikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.