HUBUNGAN POLA ASUH IBU BEKERJA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PERUMAHAN GRAHA BUDIASIH ASRI DUSUN BUDIASIH DESA CIBENDA KECAMATAN PARIGI PANGANDARAN TAHUN 2021

Dini Nurbaeti Zen, Heni Mulyani

Abstract

Peran ibu dalam keluarga salah satunya memenuhi kebutuhan fisiologis, psikis dengan menerapkan pola asuh yang tepat pada anak. Anak pra sekolah merupakan fase emas artinya mengalami perkembangan dengan cepat sehingga anak berhak atas perkembangan yang baik. Permasalahan menjadi berbeda ketika ibu juga dalam bekerja karena waktu tidak dapat 100% dalam mengurus anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu bekerja dengan tingkat perkembangan anak usia pra sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 47 ibu dengan teknik sampel Total Sampling. Hasil penelitian menunjukan hampir setengah ibu menerapkan pola asuh permisif sebanyak 16 orang (34,04%) dan hampir setengah anak usia pra sekolah perkembangannya meragukan sebanyak 23 orang (48,9%). Analisis bivariat menggunakan uji Rank Spearman dengan hasil nilai P Value < α (0,001 < 0,05). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan pola asuh ibu bekerja dengan tingkat perkembangan anak usia pra sekolah. Maka untuk menjaga perkembangan tetap baik, orang tua perlu menerapkan pola asuh yang sesuai.One of the roles of mothers in the family is to fulfill physiological and psychological needs by applying appropriate parenting patterns to children. Pre-school children are a golden phase, meaning that they develop rapidly so that children have the right to good development. Problems become different when mothers are also at work because time cannot be 100% in taking care of children. The purpose of this study was to determine the relationship between parenting patterns of working mothers and the level of development of pre-school age children. The research method used is descriptive quantitative with aapproach cross sectional. The sample used was 47 mothers with thetechnique total sampling. The results showed that almost half of the mothers applied permissive parenting as many as 16 people (34.04%) and almost half of the pre-school age children had doubts about 23 people (48.9%). Bivariate analysis usingtest Spearman's Rank with P Value < (0.001 < 0.05). So Ha is accepted and Ho is rejected. The conclusion of this study is that there is a relationship between parenting patterns of working mothers and the level of development of pre-school age children. So to maintain good development, parents need to apply appropriate parenting patterns.

Keywords

Pola asuh; ibu bekerja; perkembangan anak

References

Badan Statistik Amerika Serikat. 2018. Jumlah penduduk dunia menurut kategori umur (Januari 2018). (online).

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/04/23/berapa-jumlah pendudukdunia. (diakses tanggal 22 Desember 2020).

BPS Kabupaten Ciamis. 2021. Kabupaten pangandaran dalam rangka pangandaran regency in figures. Kabupaten Ciamis : BPS-Statistics of Ciamis Regency.

BPS Kabupaten Ciamis. 2019. Kecamatan Parigi dalam angka Parigi sub distric in figures 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis.

BPS Kabupaten Pangandaran. 2019. Proyeksi penduduk Kabupaten Pangandaran menurut kelompok umur, 2011. (online). (https://pangandarankab.bps.go.id/dynamictable/2019/10/25/25/proyeksi-penduduk-kabupaten-pangandaran-menurut-kelompok-umur-2011.html ). (diakses 22 Desember 2020).

Darmawan, A. 2019. Pedoman praktis tumbuh kembang anak (usia 0 – 72 bulan). PT IPB Press. Bogor.

Desa Cibenda. 2021. Profil Desa Cibenda dan dan data penduduk Desa Cibenda.

Dinkes Pangandaran. 2021. Cakupan Deteksi Tumbuh Kembang Anak di Kabupaten Pangandaran pada tahun 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 2019. Profil Kesehatan Jawa Barat tahun 2019.( www.diskes.jabarprov.go.id ). (diakses 30 Maret 2021).

Gunarsa, Singgih D & Gunarsa, Singgih Y. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT BPK gunung Mulia. Jakarta.

Handayani, Arri. 2019. How to Raise Great Family : Mengasuh Anak Penuh Kesadaran. PT. Grasindo. Jakarta.

Herlina, S. 2018. Hubungan lingkungan pengasuhan dan pekerjaan ibu terhadap perkembangan bayi 6-12 bulan. Jurnal Kesmas. (online). 1(1),58-63.

Indra, Made. P & Cahyaningrum, Ika. 2019. Cara mudah memahami metodologi penelitian. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Irawan, K, Verawati, M. & Putri, D.R. 2019. Hubungan pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Health Science Journal. (online). 3(2). 41.

Ismiatun, A.H & Suryono, Y. 2019. Pengaruh pengasuhan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di kabupaten purbalingga. Jurnal Al-Abyadh. 2(2).70

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang anak.

Kementrian Kesehatan RI. 2020. Profil kesehatan Indonesia tahun 2019. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (https://www.kemkes.go.id ).

Kristanto, V. Heri. 2018. Metodologi Penelitian. Deepublish. Yogyakarta.

Kundre, R & Bataha,Y.B. 2019. Hubungan pola asuh orangtua bekerja dengan perkembangan anak usia prasekolah (4-5) tahun di TK GMIM Bukit Moria Malalayang. E-journal Keperawatan. (online). 7(1). 5-7.

Lastri, Utamai, N & Putri. R.M. 2017. Perbedaan perkembangan sosial anak usia 2 – 3 tahun pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing New. (online). 2(2). 700.

Madyawati, Lilis. 2017. Strategi pengembangan bahasa pada anak. PT. KENCANA. Jakarta.

Mahanani, Srinalesti. 2020. Pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit pada anak yang mengalami diare. PT. CV Pelita Medika. Kediri.

Maylasari, I. dkk. 2020. Profil anak usia dini 2020. Badan Pusat statistik pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Pramukti, A. Sigit & Primaharsya, Fuady. 2014. Sistem Peradilan Pidana Anak. Medpress. Yogyakarta.

Prastiwi, M.H. 2019. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada.(10)2. 243.

Puskesmas Wilayah Kecamatan Parigi. 2021. Cakupan deteksi tumbuh kembang anak di wilayah Kecamatan Parigi pada bulan Februari 2021.

Puspita, Sylvie. 2020. Monograf fenomena kecanduan gadget pada anak usia dini. PT Cipta Media Nusantara (CMN). Surabaya.

Puspitawati, Herien. 2019. Pengasuhan responsif gender. BPT IPB Press anggota IKAPI. Bogor.

Rumahorbo, R.M, Syamsiah, N, & Mirah. 2020. Faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita di wilayah kerja puskesmas pancur batu kabupaten deli serdang tahun 2019. CHMK HEALTH JOURNAL. 4(2).158.

Soetjiningsih, C. Hari. 2018. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan kanak – kanak akhir. Kencana. Jakarta.

Sulistiawati, A. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Salemba Medika (Dalam jurnal karya Herlina, S. (2018). Hubungan lingkungan pengasuhan dan pekerjaan ibu terhadap perkembangan bayi 6-12 bulan. Jurnal Kesmas. (online). 1(1).58-63.)

Utami, Sri. 2020. Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan anak usia prasekolah di desa kawali mukti. Skripsi. Universitas Galuh Ciamis.

Utami, Wuri, Maulia, Dina, & Indriastuti, H.I. 2019. Hubungan pola asuh orang tua (ibu) yang bekerja dan tidak bekerja dengan perkembangan psikososial anak usia pra sekolah di TK Aisyiyah III Kebumen. University Research Colloquium.

Windiarto, dkk. 2018. Profil Anak Indonesia 2019. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dengan Badan Pusat Statistik.

Yuliasari, T.R, Nugraheny, E, & Atika. Perbedaan ibu bekerja dan tidak bekerja terhadap perkembangan anak. Akademi Kebidanan Ummi Khasanah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.