Koping Stres Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di SLB ABC Kota Tasikmalaya

Eli Kurniasih, Delia Rifdah Basuni, Chita Widia

Abstract

Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus memiliki tanggung jawab dan tekanan psikologis yang lebih besar dalam mengasuh dan perawatan anak sehingga dapat menyebabkan parenting stress. Pemilihan strategi koping sangat penting dalam menentukan perkembangan anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui tingkat stress orang tua dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus dan mengetahui strategi koping yang digunakan orang tua dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus di SLB ABC Argasari Lestari Tasikmalaya. Metode Penelitian : Rancangan penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel 50 responden dengan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stres Scales (DASS 42) dan Ways of Coping Questionnaire (WCQ). Hasil Penelitian : Tingkat stress orang tua yang peniliti dapatkan, yaitu normal sebanyak 12 orang (24,0%), stress ringan 23 orang (46,0%), stress sedang 14 orang (28,0%), stress berat 1 orang (2,0%), dan stress sangat berat tidak ada. Koping yang digunakan orang tua dalam menghadapi stress yaitu koping berfokus pada masalah sebanyak 42 orang (84,0%), koping berfokus pada emosi 6 orang (12,0%), koping berfokus pada masalah dan emosi 2 orang (4,0%). Kesimpulan : Tingkat stress orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB ABC Argasari Lestari Tasikmalaya mengalami stress ringan dan  menggunakan koping berfokus pada masalah dalam menghadapi stress.

Keywords

Anak Berkebutuhan Khusus; Orang Tua; Tingkat Stres; Strategi Koping

Full Text:

PDF

References

Anggraini, R. (2013). Persepsi Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(presepsi orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus), 258–265. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe9510.64

Cahyani, R. (2019). Mekanisme Koping Siswa Dalam Menghadapi Menstruasi Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarketawang 1 Dan 3 Sleman Yogyakarta. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3633/

Hardi, N. F. (2019). Parenting Stres pada Ibu yang Memiliki Anak Autis. 16(1), 21–36.

Hidayat, F., Widodo, Pramita, Y., & Aji, Apria, G. (2021). Hubungan Tingkat Stres Orang Tua dengan Mekanisme Koping Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Tuna Grahita Usia 7-18 Tahun di SLB N Slawi. 12(2), 74–79.

Hidayatun, A. (2017). Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres Ibu terhadap Penerimaan Anak Autis di Kabupaten Bantul. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktibitas Belajar Mahasisa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20.

Kartikasari, R., Ardhia, F. R., & ... (2017). Pola Asuh Dengan Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu Dan Tunawicara) di SLB-B Negeri Cicendo Bandung. Jurnal Kesehatan …, III(1), 100–105. https://jurnal.poltekestniau.ac.id/jka/article/view/80

Kemendikbud. (2018). Siswa Penyandang Disabiitas Berdasarkan Provinsi. Loka Data. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/siswa-penyandang-disabilitas-berdasarkan-provinsi-1520847488&ved=2ahUKEwi-s5L_zbv2AhUB7nMBHZWqCagQFnoECAQQAQ&usg=AOvVaw17QCCbLXEhhzqMoKP-2PJX

Lestari, T. D. (2019). Gambaran Tingkat Stres pada Pasien Pre Operasi Katarak Di Kabupaten Jember. In Respository Universitas Jember.

Lisinus, R. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (M. Iqbal (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=5GLLDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=lisinus+%26+sembiring,+2020&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi5zqfOzP_1AhUHkNgFHaFTAiEQ6AF6BAgFEAM#v=onepage&q=lisinus %26 sembiring%2C 2020&f=false

Lutfianawati, D., Perwitaningrum, C. Y., & Kurnia, R. T. R. (2019). Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Retardasi Mental di SLB Bandar Lampung. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1411

Mintari, T. P. (2018). Gambaran Strategi Koping pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cahaya Nurani Jember. 20.

Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar dan Teori (1st ed.). Jakarta : Salemba Medika.

Ningsih, S. (2017). Inilah Perkembangan Data Kependudukan Kota Tasikmalaya. Redaksi. https://www.cakrawalamedia.co.id/inilah-perkembangan-data-kependudukan-kota-tasikmalaya/

Pusparisa, Y. (2021). Pelajar SLB Indonesia Tembus 140 Ribu Siswa. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/02/pelajar-slb-indonesia-tembus-140-ribu-siswa

Putri, A. M., Pramesti, W., & Hapsari, R. D. (2019). Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme di SLB Bandar Lampung. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1408

Sirait, S. H. (2015). Strategi Mekanisme Koping Orang Tua yang Memiliki Anak dengan Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa E Negeri (SLB) Negeri Kecamatan Sei Agul Medan. In Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Sujito, E. (2017). Dinamika Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. http://eprints.ums.ac.id/58798/17/8. Naskah Publikasi.Pdf

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling (1st ed.). Jakarta : UNJ Press. https://www.google.co.id/books/edition/TEKNIK_SAMPLING/FuUKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=TEKNIK+SAMPLING&printsec=frontcover

Wahyudi, I. (2020). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Parenting Stress Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di SLB-Bintoro Kabupaten Jember. The Journal of the Kyushu Dental Society, 8(4), 107–108. https://doi.org/10.2504/kds.8.107

WHO. (2015). Er Health for All Better People Health With for Disability All People With Disability. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/199544

Zaimatun, N., & Hartini, S. (2019). Hubungan Tingkat Stres Dengan Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Tuna Grahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kaliwungu Kudus. 162–169.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.