Studi Eksplorasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Sepuluh Nopember Sidoarjo

Nur Azizah Dwiyani, Agus Suprijono, Wisnu Wisnu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi Pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai penguatan pendidikan karakter mata pelajaran IPS di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi Pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai penguatan pendidikan karakter. Dalam penelitian ini menggunakan system wawancara semi-terstruktur dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah kepala sekolah, staf kurikulum, guru dan peserta didik di. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan dampak positif bagi peserta didik diantaranya siswa dapat mempelajari bagaimana cara kerja sama yang baik antar kelas, bertanggung jawab, dapat mengamati dan mempelajari ilmu yang diterapkan dalam kegiatan. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan pengaruh yang baik dengan memunculkan karakter Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, dan Kreatif yang termuat dalam nilai-nilai dimenasi Profil Pelajar Pancasila yang hal tersebut juga merupakan tujuan pada mata pelajaran IPS.

Keywords

Studi Eksplorasi; Pendidikan Karakter; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

References

Anggi Setiyaningsih, Ramadona Rahmawati, Siwi Danawarih. (2021). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Fisika Saat Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH). Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang

Aniek Irawatie, dkk. 2019. Education Learning Development of Character Education-Based State Defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6 (2)

Creshwell, Jhon W. 2019. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Desy Wahyuningsari, dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (4)

Ditsmp. (2022). Pentingnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Herdiansyah. 2021. Profil Pelajar Pancasila Menuju Generasi Emas 2045. Surabaya: Pustaka Media Guru

Istianah, A., Mazid, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.

KEMENDIKBUD. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi - Republik Indonesia.

KEMENDIKBUD. (2022). Panduan Pengembangan Projek Profil Pancasila. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI.

Kholidah, L. N. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 Halaman 7569 - 7577.

Purnomo, D. (2018). Murid Menantang Guru, Bukti Gagalnya Pendidikan Karakter. Jakarta: Kompasiana.

Mulyasa, E. 2022. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Musyadad, Vina. 2022. Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis

Narbuko, Chalid. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis. 2018. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru

Nasution. 2018. Kajian Pembelajaran IPS Di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rachmawati, dkk (2020) Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1 (1). pp. 32-36. ISSN 2745-348

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif; EDISI, Cet. 10 . Bandung: Alfabeta.

Syaharuddin. (2015). Transformasi Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) DI Kalimantan Selatan. Studi Etnopedagogi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPS, Universitas Pendidikan Indonesia, 13.

Wibiyanto, F., & Muhibbin, A. 2021. Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yudi Hartono, dkk. 2018. Character Education in the Perspective of Humanistic Theory: A Case Study in Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 10(2)

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group

Dokumen resmi:

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No 56/M/2022 tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Naskah RUU Sisdiknas bulan Agustus Tahun 2022

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022

Peraturan Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset, danTeknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.