Studi Eksplorasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Sepuluh Nopember Sidoarjo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggi Setiyaningsih, Ramadona Rahmawati, Siwi Danawarih. (2021). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Fisika Saat Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH). Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang
Aniek Irawatie, dkk. 2019. Education Learning Development of Character Education-Based State Defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6 (2)
Creshwell, Jhon W. 2019. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Desy Wahyuningsari, dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (4)
Ditsmp. (2022). Pentingnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Herdiansyah. 2021. Profil Pelajar Pancasila Menuju Generasi Emas 2045. Surabaya: Pustaka Media Guru
Istianah, A., Mazid, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.
KEMENDIKBUD. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi - Republik Indonesia.
KEMENDIKBUD. (2022). Panduan Pengembangan Projek Profil Pancasila. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI.
Kholidah, L. N. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 Halaman 7569 - 7577.
Purnomo, D. (2018). Murid Menantang Guru, Bukti Gagalnya Pendidikan Karakter. Jakarta: Kompasiana.
Mulyasa, E. 2022. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Musyadad, Vina. 2022. Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis
Narbuko, Chalid. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis. 2018. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru
Nasution. 2018. Kajian Pembelajaran IPS Di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rachmawati, dkk (2020) Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1 (1). pp. 32-36. ISSN 2745-348
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif; EDISI, Cet. 10 . Bandung: Alfabeta.
Syaharuddin. (2015). Transformasi Nilai-Nilai Kejuangan Masyarakat Banjar Pada Periode Revolusi Fisik (1945-1950) DI Kalimantan Selatan. Studi Etnopedagogi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPS, Universitas Pendidikan Indonesia, 13.
Wibiyanto, F., & Muhibbin, A. 2021. Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yudi Hartono, dkk. 2018. Character Education in the Perspective of Humanistic Theory: A Case Study in Indonesia. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 10(2)
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group
Dokumen resmi:
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No 56/M/2022 tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran
Naskah RUU Sisdiknas bulan Agustus Tahun 2022
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022
Peraturan Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset, danTeknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.