UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI GLOBALISASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 4 KARANGPANINGAL KECAMATAN PURWADADI KABUPATEN CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Ngaenah Ngaenah

Abstract

Pengajaran IPS yang baik adalah pengajaran yang disesuaikan dengan kekhasan konsep atau pokok bahasan dan tingkat perkembangan berfikir siswa.  Proses pengajaran IPS di sekolah-sekolah, khususnya di SD pada umumnya telah dilaksanakan secara maksimal, tetapi belum optimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti mengajukan permasalahan sebagai berikut:1) Bagaimana perubahan terhadap kinerja guru SD Negeri 4 Karangpaningal setelah menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? 2) Bagaimana perubahan terhadap keaktifan siswa Kelas VI SD Negeri 4 Karangpaningal setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? 3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa Kelas VI setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD?. Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus dengan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan analisis serta refleksi. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SD Negeri 4 Karangpaningal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2009/2010. Adapun jumlah siswa sebagai subjek penelitian adalah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 9 siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian terhadap siswa kelas VI SD Negeri 4 Karangpaningal tahun pelajaran 2009/2010 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan globalisasi melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kenerja guru dalam pembelajaran. 2) Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan melatih siswa bekerja dalam tim. 3) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), IPS

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Arifin, Zaenal. 1991. ”Evaluasi Interaksional : Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

-------. 2002. “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

-------. 2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

GBHN. 2000. Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Depdikbud

Hamalik, O. 1993. Metode Belajar Dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hasibuan, J.J. dan Mudjiono. 2000. ”Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. ”Pembelajaran Kooperatif”. Surabaya : University Press.

Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia.

Mulyasa, E. 2004. “Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2002. ”Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Bumi Aksara.

Nurhadi. 2004. ”Kurikulum 2004 : Pertanyaan dan Jawaban”. Jakarta : PT. Grasindo.

Poerwadarminta. 1995. ”Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Jakarta : Balai Pustaka.

Roetsiyah, . 1988. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 2004. ”Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjarwo, H. 2001. “ Metodologi Penelitian Sosial”. Bandung : Mandar Maju.

Supardi. 2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Bumi Akasara.

Sudikin, dkk. 2002. ”Manajemen Penrlitian Tindakan Kelas”. Insan Cendekia.

St. Sunarto. 2005. ”Bagaimana Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”. Regional Education Development and Improvement Program (REDIP) : JICA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.