Pengembangan Permainan Uno Card Menjadi Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengenalan Tokoh Sejarah Lokal Lampung Kelas XIF.4 di SMAN 1 Sukoharjo

Nuri Muthi Lathifah, Valensy Rachmedita, Yustina Sri Ekwandari

Abstract

Media pembelajaran berbasis permainan menjadi salah satu media pembelajaran yang mendukung dalam proses belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk itu, perlu diterapkannya media pembelajaran yang sesuai dengan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan permainan Uno Card menjadi media pembelajaran interaktif yang layak dalam pengenalan tokoh sejarah lokal Lampung Kelas XIF.4 di SMAN 1 Sukoharjo. Media pembelajaran interaktif permainan ini diberi nama UnoChrono EduPlay. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian dari validasi ahli media mendapatkan persentase nilai 92% dalam kategori sangat valid, validasi ahli materi mendapatkan persentase nilai 95% termasuk dalam kategori sangat valid, dan praktisi pendidikan (guru sejarah) mendapatkan persentase nilai 98% termasuk dalam kategori sangat valid. Pada hasil belajar atau uji coba siswa diperoleh nilai rata-rata 71,66 dengan persentase 80,55%. Hal itu menunjukkan permainan UnoChrono EduPlay dapat menjadi media pembelajaran interaktif yang layak digunakan.

Keywords

Permainan; Qr-Code; Media Pembelajaran; Sejarah Lokal

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development. Madani Media.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. menengah pada kurikulum merdeka. (2022). Keputusan nomor 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. Kemendikbud.

Mahoney, J. (1981). Local history: a guide for research and writing. National Education Association.

Rusdi, M. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, H. A., & Kuswono, K. (2020). Ensiklopedia Tokoh-Tokoh Pejuang Lampung Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Android. Swarnadwipa, 4(1), 1. https://doi.org/10.24127/sd.v4i1.2009

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriadi, D. (2023). Wawancara Guru SMAN 1 Sukoharjo Tentang Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Sukoharjo.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.