Analisis Visual dan Makna Filosofis Seni Helaran Buta Kararas Tilas dalam Tradisi Budaya Panjalu, Kabupaten Ciamis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, R. (2020). Pemikiran Tokoh Semiotika Modern. TEXTURA, 1(1), 48-62.
Astrini, W. A. (2013). Semiotika Rupa Topeng Malangan (Studi Kasus: Dusun Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang). Ruas, 11 (2), 89-98.
Astuti, G. H. (2022). Analisis Semiotika Umberto Eco pada Nilai Budaya Patriarki dalam Unsur Sinematik Web Series Little Mom. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4922-4930.
Barthes, R. (2012). Elemen-elemen semiologi. Yogyakarta: Basabasi.
Cahyati, S. &. (2017). Interferensi Bahasa Daerah Dalam Kolom “Nusantara” Koran Kompas Edisi Februari–April 2017 Dan Diimplementasikan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP . Universitas Muhammadiyah Surakarta: Doctoral dissertation.
Cahyati, S. a. (2017). Interferensi Bahasa Daerah Dalam Kolom “Nusantara” Koran Kompas Edisi Februari–April 2017 Dan Diimplementasikan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Surakarta: Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiah Surakarta.
Cunnington, T. (2022, November 27). Character (arts). Retrieved from EBSCO Knowledge Advantage: https://www.ebsco.com/research-starters/literature-and-writing/character-arts
Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Deha, D. N. (2025). Ritual Mistis Dalam Tradisi Sunda Wiwitan (Kajian Antropologi Agama). Jurnal Lemondial Business School, 11(1), 80-91.
Eco, U. (1979). A theory of semiotics (Vol. 217). Indiana: Indiana University Press.
Fitriadhi, F. (2025, Juni 19). Kurasimedia. Retrieved from Hewan Mitologi Sunda yang Menyeramkan, Mulai dari Orowodol Hingga Ajag: https://kurasimedia.com/2025/06/19/5-hewan-mitologi-sunda-yang-menyeramkan-mulai-dari-orowodol-hingga-ajag/
Humaeni, A. (2024). Makna Kultural Mitos dalam Budaya Masyarakat Banten. Antropologi Indonesia, 33(3), 159-179.
Johara, R. R. (2024, September 27). Berkenalan dengan Buta Kararas, Wajah Mistis dari Panjalu Ciamis yang Bukan Sekedar Tontonan Biasa. Retrieved from Kabarpriangan.com: https://kabarpriangan.pikiran-rakyat.com/kabar-priangan/pr-1488607553/berkenalan-dengan-buta-kararas-wajah-mistis-dari-panjalu-ciamis-yang-bukan-sekadar-tontonan-biasa?page=all
Martono, M. I. (2017). Topeng Etnik Nusantara Dalam Perkembangan Budaya Global. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(1)., 123 - 130.
Pambudi, F. B. (2023). Buku ajar semiotika. Unisnu Press.
Sara, B. M. (2025). Menggugat Hegemoni Antroposentrisme Melalui Dekonstruksi Hermeneutika Ekologis. Dekonstruksi, 11(03), 118-126.
Shidqi, R. D. (2025). Makna Hewan Kucing Hitam: Analisis Semiotika Roland Barthes. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 5(2), 219-230.
Sinthiya, K. N. (2021). Potensi Jawadah Takir Sebagai Atraksi Wisata Gastronomi di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Jurnal Industri Pariwisata, 4(1), 32-50.
Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, R. A. (2014). Kostum Dalam Membangun Karakter Tokoh Pada Film Soekarno. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 6(1)., 72-89.
Tawakal, I. (2024, Januari 16). Mengenal 5 Hewan Mitologi Sunda. Retrieved from www.Pikiran-Rakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-017597195/mengenal-5-hewan-mitologi-sunda-maung-bodas-hingga-siluman-anjing-ajag?page=all
Wijaya, Y. S. (2020). Nilai Karakter Pada Struktur Simbolis Visual Topeng Panji Gaya Yogyakarta. GELAR: Jurnal Seni Budaya, 18(1), 52-60.
Refbacks
- There are currently no refbacks.