KAJIAN IKONOGRAFI DAN IKONOLOGI: RAGAM HIAS PADA BANGUNAN BALE RANTE DI KOMPLEKS MAKAM SUNAN DRAJAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Guntur. (2004). Ornamen Sebuah Pengantar. STSI Press Surakarta.
Halim, A & Herwindo, R. P. (2017). The Meaning of Ornaments in the Hindu and Buddhist Temples on the Island of Java (Ancient - Middle - Late Classical Eras). Riset Arsitektur (RISA), 1(02), 170–191. https://doi.org/10.26593/risa.v1i02.2391.170-191
Nizam, A., Nugraha, W., & Gustami, S. P. (2018). Eksistensi Ragam Hias Sulur Gelung Teratai. Journal of Urban Society’s Arts, 5(1), 37–48.
Panofsky, E. (1955). Meaning of The Visual Arts. Doubleday Anchor Books.
Rahmat, D. (2020). Garis keturunan Sunan Drajat dan salah satu penulis buku Sejarah Sunan Drajat Dalam Jaringan Masuknya Islam di Nusantara, di Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan.
Rony. (2014). Ikonografi Arsitektur dan Interior Masjid Kristal Khadija Yogyakarta. Journal of Urban Society’s Arts, 1(2), 121–134. https://doi.org/10.24821/jousa.v1i2.793
Sadah, K., D, A. H., & Sachari, A. (2018). Kandungan Nilai Ajaran “Memangun Resep Tiyasing Sasama” Pada Ragam Hias Gerbang Kompleks Makam Sunan Drajat. Jurnal Islam Nusantara, 2(2), 162. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.91
Sumardjo, J. (2006). Estetika Paradoks. Sunan Anbu Press.
Sunaryo, A. (2009). Ornamen Nusantara: kajian khusus tentang ornamen Indonesia. Dahara Prize.
Sunyoto, A. (2018). Atlas Wali Songo. Pustaka IIMaN.
Tim Peneliti dan Penyusun Buku Sejarah Sunan Drajat. (1998). Sejarah Sunan Drajat Dalam Jaringan Masuknya Islam di Nusantara. . PT. Bina Ilmu Surabaya.
Toekio, S. (2000). Mengenal Ragam Hias Indonesia (Angkasa (ed.)).
Yumarma, A. (2012). Konsep Manusia Dalam Gunungan: Sebuah Refleksi Filosofis Terhadap Kearifan Lokal. Jurnal Filsafat, 22(1), 18–30. https://doi.org/10.22146/jf.12983
Refbacks
- There are currently no refbacks.