VISUALISASI MATERI PEMBERONTAKAN PETA BLITAR DALAM MATAPELAJARAN SEJARAH UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI SMAN NGORO

Vira Herlinda, Joko Sayono, Wahyu Djoko Sulistyo

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk memaparkan proses dan hasil penelitian pengembangan tentang video visualisasi materi pemberontakan PETA Blitar untuk pembelajaran daring kelas XI IPS di SMAN Ngoro. Analisis awal yang dilakukan di sekolah untuk matapelajaran sejarah menunjukkan bahwa adanya kebutuhan berupa media pembelajaran untuk matapelajaran sejarah yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran daring di SMAN Ngoro. Pengembangan dilakukan dengan menggonakan model penelitian ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Hasil yang didapatkan pada penelitian pengembangan adalah media pembelajaran yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan. Media visualisasi materi yang telah dibuat memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat memvisualisasikan materi pelajaran meskipun siswa harus belajar secara individu. Sedangkan, kekurangannya terdapat pada bagian waktu transisi dalam video masih terlalu cepat.The purpose of this article is to describe the process and results of development research on video visualization of the PETA Blitar rebellion material for online learning for class XI IPS at SMAN Ngoro. Preliminary analysis conducted in schools for history subjects shows that there is a need in the form of learning media for history subjects that can be used for the online learning process at SMAN Ngoro. The development was carried out using the ADDIE research model with five stages, namely analyze, design, development, implementation and evaluation. The results obtained in development research are learning media that are made declared feasible to be used. Media visualization of the material that has been made has advantage and disadvantage. The advantage was that it can visualize the subject matter even though students have to study individually. Meanwhile, the drawback was that the transition time in the video is still too fast.

Keywords

Visualisasi; Pembelajaran; Daring; Media

References

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Aman, DR. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Anhar, R. 1981. Soepriyadi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Budiman, H. 2016. “Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, doi: 10.24042/atjpi.v7i2.1501.

Habiby, W. N. 2017. Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Khakim, M. N. L. 2018. Telaah Penulisan Karya Sastra Sejarah Sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(1), 89–94.

Sari D.K.. 2016. Kebijakan Ekonomi Jepang Di Blitar Tahun 1942 – 1945. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76489

Lee, C. 2018. Belajar Visualisasi Data dengan Grafis dan Infografis Step-by-Step. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nurhasanah, A. 2018. “Peran santri dalam Pembela Tanah Air (PETA) di Priangan masa pendudukan Jepang 1942-1945,” PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurseto, T. 2011. “Membuat media pembelajaran yang menarik,” Jurnal Ekonomi dan pendidikan, vol. 8, no. 1.

Poesponegoro, M., & Notosusanto, N. 2010. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Jakarta:Balai Pustaka

Putra, N. 2013. Research and Development. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sayono, J. 2013. Pembelajaran Sejarah di Sekolah: dari Pragmatis ke Idealis. Sejarah dan Budaya, tahun ke tujuh, nomor1, 9-17.

Silalahi, U. dan Atif, N. F. 2015. Metode penelitian sosial kuantitatif. Refika Aditama.

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PRENATAMEDIA.

Syofian, S, Setiyaningsih, T dan Syamsiah, N. “Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web,” Prosiding Semnastek, 2015.

Tatdilla, S. 2021. Nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam drama kolosal tentang. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Widiadi, A. N. 2018. Pengembangan Aplikasi Ruang Kuliah Android (ARKA) Untuk Matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(1), 1–10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.