PENINGKATAN APRESIASI SISWA TERHADAP NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MEDIA TRADISI SEDEKAH LAUT CILACAP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, Muhammad, 1987, Guru dalam proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Aman, 2011, Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak.
Sadiman, Arief S., 1996, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Lestari, Tri Puji, 2013, Penggunaan Media VCD Tradisi Dama Nyili-nyili Masyarakat Tidore Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kecintaan Siswa Terhadap Tradisi Lokal, Studi Pada Siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Tesis: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hamalik, Oemar. 2001, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Ruyadi, Yadi. 2010, Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitan terhadap Masyarakat Adat Kampong Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education,Join Conference UPI & UPSI Bandung Indonesia, 8-10 November 2010: 579.
Slameto, 2003, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Susanti, Retno, L.R. (2011, 26 s/d 27 Oktober), Membangun Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Kearifan Lokal, in Persidangan Dwitahunan FSUA-PPIK USM Padang. ePrints Sriwijaya University. Diakses 22 Juli 2013.
Sutarno, 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Warsito, R., 2001, Upacara Sedekah Laut Masyarakat Nelayan Cilacap Sebagai Perspektif Historis Dalam Kurikulum Muatan Lokal di Sekolah Dasar, Tesis; Uneversitas Negeri Jakarta.
Widja, I Gde, 1989, Dasar-dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah: Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.