PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DUAL CODING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis)

Sri Pajriah, Agus Budiman

Abstract

Penelitian ini berawal dari pendapat umum bahwa pembelajaran sejarah telah menghindari kinerja verbal dan visual. Namun, mereka perlu agar siswa mengingat dan memahami materi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model dual coding terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Secara teoritis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebenaran model dual coding yang menyatakan bahwa suatu informasi akan mudah diingat dan dipahami jika disampaikan secara verbal atau visual. Praktis, penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi pendidik untuk mengembangkan kompetensi profesional. Oleh karena itu, dapat meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan menganalisis data uji t menggunakan SPSS 17 terhadap dua kelompok siswa dari SMA Informatika dan MAN 1 Cijantung. Sampel diambil dengan menggunakan random sampling dengan mengocok kelompok siswa dari berbagai sekolah. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu observasi dan uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan dual coding dan mereka yang tidak. Kedua, tidak ada hasil belajar yang signifikan yang menggunakan dual coding yang terintegrasi dan terpisah. Akhirnya, hasilnya adalah bahwa kedua kelompok siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam belajar sejarah. Namun, hasil prestasi siswaThis study started from the general opinion that history learning has avoided verbal and visual performance. However, they are needed for the student to remember and comprehend the material from the teacher. This study is aimed at finding out the influence of dual coding model towards the student's achievement in history learning. Theoretically, this study is aimed at finding out the truth of dual coding model which stated that an information will be easily remembered and comprehend if it is delivered verbally or visually. Practically, this study will give a contribution for educators for developing professional competence. Hence, it can improve interest and achievement of the student in learning history. This study used experimental study by analyzing data of the t-test using SPSS 17 towards two groups of the student from SMA Informatika and MAN 1 Cijantung. The samples are taken by using random sampling by shuffling the group of the student from different school. This study used two instruments namely observation and test. The result showed that firstly, there is a significant difference between the student that who used dual coding and those who are not. Secondly, there is not a significant result of learning who used integrated and separated dual coding. Finally, the result is that both of group of a student has different ability in learning history. However, the result of students’ an achievement is similar.

Keywords

Dual coding; hasil belajar; mata pelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References

Arif, M. (2005). Pengembangan Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran Sejarah. Jakarta: LIPI.

Hasan, S. Hamid. (Tt.) Problematika Pendidikan Sejarah. Bandung: FPIPS UPI.

Hasan, S. Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizki Press.

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Surabaya: ITS Press.

Paivio, Allan. (2006). Dual Coding Theory And Education. USA: The University of Michigan School of Education.

Pranata, Moelyadi. (2004). “Efek Redundansi: Desain Pesan Multimedia dan Teori Pemrosesan Informasi”. NIRMANA. 6, (2), 171-182.

Saguni, Fatimah. (2006). “Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar”. INSAN. 8, (3), 147-157.

Solso, Robert L, dkk. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiama. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Mnajemen. Gunadarma Intimarta: Bandung.

Bloom. Benjamin https://www.google.co.id/?-gws_rd=cr,ssl&ei=sp2hVdjGM4Kd0gTz556gCg#q=taksonomi+bloom diakses tanggal 12 Juli 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.