Penguatan Literasi Sejarah Untuk Meningkatkan Historical Thingking Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
Hamid, A. R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Penerbit Ombak.
Hastuti, H., Basri, I., & Zafri. (2021). Meramu Materi Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Analisis Historical Thinking. Diakronika.Ppj.Unp.Ac.Id, 21(1), 57–69. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/181
Hastuti, H., Zafri, & Basri, I. (2019). Literasi Literasi Sejarah Sebagai Upaya Penanaman Karakter Bagi Anak. Diakronika, 19(2), 133–148. http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/124
Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–19. https://www.academia.edu/download/58526760/1._JRTIE_H_Ibda.pdf
Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Alfabeta.
Kochar. (2008). Pembelajaran Sejarah; Teaching of History. PT Grasindo.
Kurniawati, Djunaidi, Rahman, A., & Ayesma, P. (2021). Literasi Sejarah Melalui Bedah Dan Diskusi Film Sejarah. Jurnal Praksis Dan Dedikasi (JPDS), 4(1), 19–29. https://doi.org/10.17977/um032v4i1p19-29
Kusmana, S. (2017). Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 151–164. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8610
Ma’mur, T. (2018). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui Historical Thinking. Jurusan Pendidikan Sejarah FPIP UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196808281998021-TARUNASENA/artikel/Makalah_Historical_Thinking_(untuk_70_thn_Prof_Helius).pdf
Maulana, W. (2021). TINJAUAN TINJAUAN MENGENAI HISTORICAL THINKING SKILLS DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PADA JENJANG MENENGAH ATAS. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 69–78. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/12
Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. PROSIDING STKIP Agama Hindu Amlapura, 88–102. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354
Osmiati. (2014). Pendidikan di Indonesia: Sejarah Kurikulum dan Kurikulum Sejarah Masa Orde Baru dan Reformasi. Jurnal Analisis Sejarah Universitas Andalas, 4(2).
Rajab, H. A. (2018). Metode Debat dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone. Al-Qayyimah, 1(1), 11–26. https://doi.org/10.30863/aqym.v1i1.787
Setiyani, R. (2010). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. In JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN: Vol. V (Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921
Setyaningsih, R., Abdullah, Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Urnal ASPIKOM, 3(6), 1200–1214. http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/194
Siska, Y. (2015). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Lampung Untuk Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 199–211. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1330
Sugiarto. (2018). Studi Komparasi Antara Metode Pembelajaran Debat dan Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 6 Semarang. Historia Pedagogia, 7(1), 129–137. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/hp/article/download/31811/13697/
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Presindo.
Sutopo, H. B. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Penerapanya Dalam Penelitian. UNS Press.
Wibowo, T. U. S. H. (2017). Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 976–986. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8953
Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, 4(1), 53. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.735
Wijayanto, P. A. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 23. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586
Zahroh, N. L. (2014). Pemanfaatan Situs Singosari dalam Mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik. J-PIPS (JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL), 1(1), 159–188. https://fitk.uin-malang.ac.id/sites/default/files/Jurnal/J-PIPS%2C Vol 1%2C No 1%2C Juli-Desember 2014 FIX_1 Juli 2014.pdf#page=165
Refbacks
- There are currently no refbacks.