Penguatan Literasi Sejarah Untuk Meningkatkan Historical Thingking Peserta Didik

Haris Firmansyah, Astrini Eka Putri, Luqmanul Hakim

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui strategi guru dan bentuk evaluasi pembelajaran penguatan literasi sejarah untuk meningkatkan historical thingking peserta didik. Metode Kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitianya di MAN 1 Pontianak. Adapun hasil penelitian ini yakni (1) Penguatan literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah sangat penting dilakukan, guru sejarah. Guru tidak hanya terpaku dengan buku teks atau buku paket sejarah yang disediakan namun menfaatkan buku-buku sejarah yang disesuaikan dengan SK dan KD yang sedang dibahas guna menambah informasi dan materi sejarah yang disampaikan kepada peserta didiknya. Selain itu guru juga memanfaatkan literasi sejarah berbasis digital yang dapat membantu peserta didik dalam mengeksplor sumber-sumber sejarah. Dalam memperkuat literasi sejarah guru menyampaikan sejarah lokal. Sebagai upaya dalam meningkatkan Historical Thiniking peserta didiknya guru mengimplemenasikan metode diskusi dan debat. (2) Evaluasi merupakan komponen penting, harus dilaksanakan guna melihat keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari evaluasi berfungsi sebagai feedback bagi guru dalam memperbaiki kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan diskusi ini ada guru sejarah menyiapkan rubrik penilaian dengan indikator penilaian seperti kemampuan dalam mempresentasikan, mengutarakan pendapat, memahami isi materi serta pemaknaan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap materi sejarah yang dibawakan. Evaluasi berbasis HOTS juga digunakan guru.

Keywords

literasi sejarah; pembelajaran sejarah; historical hihinking

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Hamid, A. R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Penerbit Ombak.

Hastuti, H., Basri, I., & Zafri. (2021). Meramu Materi Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Analisis Historical Thinking. Diakronika.Ppj.Unp.Ac.Id, 21(1), 57–69. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/181

Hastuti, H., Zafri, & Basri, I. (2019). Literasi Literasi Sejarah Sebagai Upaya Penanaman Karakter Bagi Anak. Diakronika, 19(2), 133–148. http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/124

Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–19. https://www.academia.edu/download/58526760/1._JRTIE_H_Ibda.pdf

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Alfabeta.

Kochar. (2008). Pembelajaran Sejarah; Teaching of History. PT Grasindo.

Kurniawati, Djunaidi, Rahman, A., & Ayesma, P. (2021). Literasi Sejarah Melalui Bedah Dan Diskusi Film Sejarah. Jurnal Praksis Dan Dedikasi (JPDS), 4(1), 19–29. https://doi.org/10.17977/um032v4i1p19-29

Kusmana, S. (2017). Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 151–164. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8610

Ma’mur, T. (2018). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui Historical Thinking. Jurusan Pendidikan Sejarah FPIP UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196808281998021-TARUNASENA/artikel/Makalah_Historical_Thinking_(untuk_70_thn_Prof_Helius).pdf

Maulana, W. (2021). TINJAUAN TINJAUAN MENGENAI HISTORICAL THINKING SKILLS DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PADA JENJANG MENENGAH ATAS. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 69–78. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/12

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. PROSIDING STKIP Agama Hindu Amlapura, 88–102. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354

Osmiati. (2014). Pendidikan di Indonesia: Sejarah Kurikulum dan Kurikulum Sejarah Masa Orde Baru dan Reformasi. Jurnal Analisis Sejarah Universitas Andalas, 4(2).

Rajab, H. A. (2018). Metode Debat dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone. Al-Qayyimah, 1(1), 11–26. https://doi.org/10.30863/aqym.v1i1.787

Setiyani, R. (2010). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. In JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN: Vol. V (Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921

Setyaningsih, R., Abdullah, Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Urnal ASPIKOM, 3(6), 1200–1214. http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/194

Siska, Y. (2015). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Lampung Untuk Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 199–211. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1330

Sugiarto. (2018). Studi Komparasi Antara Metode Pembelajaran Debat dan Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 6 Semarang. Historia Pedagogia, 7(1), 129–137. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/hp/article/download/31811/13697/

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Presindo.

Sutopo, H. B. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Penerapanya Dalam Penelitian. UNS Press.

Wibowo, T. U. S. H. (2017). Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 976–986. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8953

Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, 4(1), 53. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.735

Wijayanto, P. A. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 23. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586

Zahroh, N. L. (2014). Pemanfaatan Situs Singosari dalam Mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik. J-PIPS (JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL), 1(1), 159–188. https://fitk.uin-malang.ac.id/sites/default/files/Jurnal/J-PIPS%2C Vol 1%2C No 1%2C Juli-Desember 2014 FIX_1 Juli 2014.pdf#page=165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.