FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN INFEKSI POST OPERASI DI RUANG RAWAT INAP WIJAYA KUSUMAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANJAR

Aa Suhendar

Abstract


Status gizi, usia, dan faktor ekonomi merupakan faktor internal dari pasien yang mempunyai pengaruh terhadap kejadian infeksi. Masyarakat masih kurang menyadari dan tidak dapat memperbaiki status gizinya, dimana penyebabnya bervariasi, baik dari keadaan ekonomi maupun kurangnya pengetahuan masyarakat itu sendiri tentang gizi. Faktor internal lain dari kejadian infeksi adalah usia, dimana pada pasien usia di atas 70 tahun. Faktor usia di atas 70 tahun dapat menyebabkan penurunan mekanisme pertahanan tubuh.

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian infeksi post operasi di Ruang Rawat Inap Wijaya Kusumah Rumah Sakit Umum Daerah Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien post operasi dan sampel sebanyak 21 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sedangkan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat.

Hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada pengaruh faktor status gizi terhadap kejadian infeksi post operasi, ada pengaruh faktor status gizi terhadap kejadian infeksi post operasi, dan  ada pengaruh faktor tingkat ekonomi terhadap kejadian infeksi post operasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh faktor status gizi terhadap kejadian infeksi post operasi, ada pengaruh faktor status gizi dan tingkat ekonomi terhadap kejadian infeksi post operasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dan literatur dalam mengatasi masalah infeksi post operasi

Full Text:

PDF

References


Almatsier. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rhineka Cipta. Jakarta.

Deni. 2008. Skripsi : Hubungan Antara Karakteristik Ibu Yang Mempunyai Balita Gizi Kurang (Usia 1 – 5 Tahun) Dengan Status Gizi Kurang di Desa Bunisari Kecamatan Cigugur Kabupaten Ciamis. STIK Bina Putera Banjar. Banjar.

Depkes RI. 2003. Pedoman Praktis Terapi Gizi Medis. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Mulyana. 2009. Pengentasan Kemiskinan Dengan Wirausaha Dalam Masyarakat. http://www.suaraqolbu.com. Diakses pada tanggal 20 Juli 2010.

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta.

___________. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Rineka Cipta Jakarta.

Nuraeni. 2008. Pola Asuh Bagi Anak Cacat Bawaan. http://www.wikipedia.org.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Supariasa. 2001. Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Winingsih. 2000. Buku Pedoman Terapi Diet dan Nutrisi. Hipokrates. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jkg.v1i1.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Galuh

Jalan RE. Martadinata No. 150 Ciamis

No. Tlp 085224559654

E-Mail: jurnalkeperawatangaluh@gmail.com