PENGALAMAN PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM MENGELOLA KONFLIK PADA KEPALA RUANGAN DI BLUD RSU KOTA BANJAR

Sri Wianti, Tutik Sri Haryati, Ice Yulia Wardani

Abstract


Konflik merupakan suatu kondisi alamiah artinya konflik merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Konflik dalam rumah sakit dapat menjadi sesuatu yang memotivasi perkembangan rumah sakit atau sebaliknya. Komunikasi dalam mengelola konflik menjadi sesuatu hal yang sangat penting dan menjadi dasar dalam menentukan resolusi konflik. Kepala ruangan sebagai manajer operasional memiliki peran penting dalam pengelolaan konflik karena dianggap sebagai orang yang mampu dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari arti dan makna pengalaman penerapan komunikasi dalam mengelola konflik pada kepala ruangan di BLUD RSU Kota Banjar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi dan jumlah sampel tujuh partisipan. Hasil penelitian memperoleh empat tema yaitu bentuk komunikasi dalam mengelola konflik, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam mengelola konflik, arah komunikasi dalam mengelola konflik, dan keterampilan komunikasi dalam mengelola konflik. Komunikasi yang efektif akan mendorong terciptanya resolusi konflik yang tepat sehingga konflik dapat dijadikan sebagai energi positif untuk perkembangan rumah sakit.


Keywords


pengalaman; komunikasi; mengelola konflik

Full Text:

PDF Indonesia

References


Ates, H., & Centikaya, N.I. (2010). Profiles of hospital manager visionary leadership in the age of change. Proceedings of the International Congress of the Performance and Quality in Health, 6(5), 45-53. ISSN: 1840-2291

Adair, J. (2004). Effective strategic leadership. Istambul: Babralli Broadcasting Culture.

Bell, C., & Song, F. (2005). Emotions in the conflict process: an application of the cognitive appraisal model of emotions to conflict management. International Journal of Conflict Management, 16(1), 30–54. ISSN: 1044-4068

Chan, J. C. Y., Sit, E. N. M., & Lau, W. M. (2014). Nurse education today conflict management styles, emotional intelligence and implicit theories of personality of nursing students: a cross-sectional study. YNEDT, 34(6), 934–939. doi:10.1016/j.nedt.2013.10.012

Çınar, F., & Kaban, A. (2012). Conflict management and visionary leadership: An application in hospital organizations. Procedia social and behavioral sciences, 58(1), 197–206. doi:10.1016/j.sbspro.2012.09.993

Dixon, (2014). Communication skills. Nortern Ireland: University of ulser

Hadipranoto, M. R. (2012). Peranan komunikasi dalam menyelesaikan konflik pada hubungan persahabatan siswa SMA Sedes Sapientiae. Fakultas Psikologi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata

Hartman, R. L., & Crume, A. L. (2014). Educating nursing students in team conflict communication. Journal of nursinng education and practice, 4(11), 107–119. doi:10.5430/jnep.v4n11p107

Karakas, F. (2006). Leadership seventh window: visionary leadership. http://www.fahrikarakas.com/content/view/117/67/, diunduh: 18.02 2015

Klan, G. (2003). Crisis Leadership: How Military Lessons and Corporate Experiences Can Help Leaders Find Opportunity in Times of Greensboro.USA: Center for Creative Leadership.

Kantek, F., & Kavla, I. (2007). Nurse–nurse manager conflict: how do nurse managers manage it? The Health Care Manager, 26(2), 147-151. doi:10.1097/01.HCM.0000268618.33491.84

Kunaviktikul, W., Nuntasupawat, R., Srisuphan, W., & Booth, R. Z. (2000). Relationships among conflict, conflict management, job satisfaction, intent to stay, and turnover of professional nurses in Thailand. Nursing and Health Sciences, 2(1), 9-16. doi:10.1046/j.1442-2018.2000.00033.x

Kubica, T., & LaForest, S. (2014). Intrapersonal skills. Leadership Excellence, 31(4), 70.

Masmuh, A. (2010). Komunikasi organisasi dalam persfektif teori dan praktek. Cet. 2. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Marquis, B.L., & Huston, C.J. (2008). Leadership roles and management functions in nursing (6th edn). Philadelphia, USA: Lippincott Williams and Wilkins.

Muhammad, A. (2009). Komunikasi Organisasi. Ed 1. Cet. 10. Jakarta: Bumi Aksara.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing research: generating and assessing evidence for nursing practice. Ninth edition. Wolters Kluwer Health. Lippincott Williams & Wilkins

Ridge, R., (2007). Strategies for conflict management. Management Nursing, 2 (1), 32–36.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2013). Organization behavior (15th Ed.). Newark, NJ: Pearson Education, Inc.

Sweetnam, C. (2014). Aberrant behavior: A phenomenological study on incivility in nursing education (Order No. 3648810). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global: Health & Medicine. (1652839951).

The Center for American Nurses. (2006). Centered on the workforce: conflict and the nursing workforce. American Nurse, 38(6): 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jkg.v2i1.3584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:
Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh
Jalan RE. Martadinata No. 150 Ciamis
No. Tlp 085224559654
E-Mail: jurnalkeperawatangaluh@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.