HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE DENGAN KECEMASAN PADA WANITA PREMENOPAUSE DI KELURAHAN KERTASARI KECAMATAN CIAMIS KABUPATEN CIAMIS

Daniel Akbar Wibowo, Syifa Nadhilah

Abstract

Menopause merupakan tahap akhir masa reproduksi seorang wanita. Wanita yang akan memasuki menopause akan mengalami masalah fisik dan psikis, apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan kecemasan, sehingga diperlukan adanya suatu pengetahuan yang cukup. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang menopause dengan kecemasan pada wanita premenopause di Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 reponden yaitu wanita berusia 45-55 tahun yang akan memasuki menopause. Metode pengambilan sampel yang digunakanadalah probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Hamilton Rating Sale for Anxiety (HRS. A) dan kuesioner tingkat pengetahuan. Analisa data menggunakan uji Sperman Rank pada α>0,5. Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan dengan kategoro kurang sebanyak (36,8%)mengalami kecemasan sedang, pengetahuan cukup (35,5%) mengalami kecemasan ringan dan kecemasan sedang, sedangkan berpengetahuan baik (51,2%) mengalami kecemasan sedang. Hasil analisis data diperoleh p-value yaitu sebesar p0,211 (>0,05) secara statistik menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang menopause dengan kecemasan pada wanita premenopause di kelurahan kertasari kecamatan ciamis kabupaten ciamis. Petugas kesehatan hendaknya lebih meningkatkan promosi kesehatan kepada perempuan usia menopause tentang pengetahuan menopause untuk meningkatkan pengetahuan menopause agar siap dalam menghadapi masalah psikologi.

Full Text:

PDF Indonesia

References

Ahsan. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan preoperasi pada pasien section caesarea. Jurnal Vol. 8 No. 1 Universitas Brawijaya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta:Rineka Cipta.

Asih, DA. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan pada Perempuan Menopause di Wilayah Kerta Puskesmas Tanggerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2017. Proyeksi Penduduk Indonesia 2005-2025. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik, 2018. Data Penduduk Kecamatan Ciamis. Ciamis : Badan Pusat Statistik. .

Bong, Maria Theresia & Sri Mudayatiningsih. 2015. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Menopause dengan Tingkat Stress di Desa Hoelea Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nursing News, Volume 4 – Nomor 1, 2019.

Depkes, RI. 2017. Propil kesehatan Indonesia 2017. http://depkes.go.id. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Desa Kertasari. 2019. Data Penduduk Desa Kertasari 2019. Desa Kertasari, Ciamis.

Dharma, K. 2011. Metodelogi Penelitian Keperawatan. Jakarta : Pustaka Medika.

Hidayah, N. 2018. Hubungan pengetahuan Menopause dengan Tingkat Stress Pada wanita Usia Subur. Stikes PKU Muhammadiyah. Surakarta, 2018

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Proverawati, MPH. 2010. Menopause dan Sindrom Pre Menopause. Yogyakarta: Muha Medika

Rostiana, T. 2009. Kecemasan pada wanita yang meghadapi menopause. Jurnal Vol 3, No, 1Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Sandra, MA. 2017. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Menghadapi Menopause di Desa Duwet, Magetan. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia. Madiun.

Suhaidah, D. 2013. Hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan perempuan dalam menghadapi menopause di wilayah kerja puskesmas kelurahan pulo gebang Jakarta timur, Skirpsi. Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suparni, Ita Eko. 2016. Menopause dan Masalah Penanganannya. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Prawirohardjo, S. 2007. Menopause dan Andropause. Jakarta : Bina Pustaka.

Wulandari. 2015. Pengaruh Penyuluhan Teentang Menopaasue terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Menopause. Yogyakarta, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.