PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DENGAN MATERI DOKTER SOETOMO DI SMA NEGERI 2 NGANJUK

Nadhiva Amalia Frihatna, Joko Sayono, Moch Nurfahrul Lukmanul Khakim

Abstract

Artikel ini merupakan paparan proses dan hasil penelitian tentang pengembangan buku suplemen untuk mata pelajaran sejarah kelas XI dengan materi dokter Soetomo di SMA Negeri 2 Nganjuk. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan materi yang memuat tentang kajian biografi tokoh terutama peranan dan nilai keteladanan yang dapat diambil oleh siswa, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku suplemen Dokter Soetomo dan mengetahui kelayakannya. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation) dengan modifikasi, dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket serta lembar kritik dan saran dalam validasi. Berdasarkan hasil validasi, buku suplemen Teladan Dokter Soetomo memperoleh hasil 87% oleh ahli materi dan 90% oleh ahli sumber belajar. Dengan demikian, buku suplemen Teladan Dokter Soetomo sangat layak digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia sebagai penunjang buku teks untuk memenuhi tuntutan kurikulum.This article is an explanation of the process and results the development of supplementary book for history subject grade XI with material about doctor Soetomo on Senior High School 2 Nganjuk. This research and development is motivated by the limitations of the material that contains the study of biographies of figures that contain the role and value of exemplary that can be taken by students, so this research aims to produce a supplement book product of Doctor Soetomo and find out its feasibility. The model used in this research and development is the ADDIE model (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation) with modification, and the instrument used is questionnaire and critics and suggestion sheet for validation proccess. Based on validation result, the supplementary book “Teladan Dokter Soetomo” gets 87% from material expert and 90% from learning resource expert. Thus, the supplementary book “Teladan Dokter Soetomo” was suitable to be used in learning Indonesian History as a complement for the textbook learning to complete the curriculum demands.

Keywords

pengembangan; buku suplemen; Dokter Soetomo

References

Agung, S., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Ahmad, R., & Sudjana, N. (1989). Teknologi pengajaran. Sinar Baru.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Amri, S., & Ahmadi, I. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas. PT Prestasi Pustakaraya.

Darinenta, C. A. (2016). Designing English Reading Materials as a Supplementary Book for the Seventh Grade Students of SMP Aloysius Denggung in the First Semester. English Language Teaching Journal. 5(3). http://journal.student.uny.ac.id

Febrina, A. dkk. (2018). Bahasa Visual, Gambar Anak, dan Ilustrasi pada Buku Cergam Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang 1 (1), 63–82.

Jamhari, I. dkk. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas III SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 4 (2), 76–81.

Masrur, H. dkk. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Mutasi Gen pada Matakuliah Genetika. Jurnal Pendidikan: Teori, Peneitian, Dan Pengembangan. 2 (9), 1160–1167.

Nuha, I. H. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Biologi Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Pati Sebagai Penunjang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Permanasari, L. I. (2015). Pengembangan Buku Suplemen Berorientasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2), 2057–2066.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Rahmawati, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Buku Pendamping pada Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Siswa Kelas 4 SD. FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Rizki, M. (2016). Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Kimia Polimer. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Tegeh, I. M. dkk. (2014). Model Penelitian. Graha Ilmu.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Widyastutik, D. K. (2018). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Creative Problem Solving Learning Menggunakan Model ADDIE Untuk Kelas X SMA (Sekolah Menengah Atas). FKIP Universitas Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.