IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMAN 1 Baregbeg)

Aan Suryana

Abstract


Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimanakah implementasi model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Baregbeg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perlakuan (treatment) dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS I SMAN 1 Baregbeg. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, dan foto kegiatan. Melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observing,dan reflecting dimana hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang dicapai oleh siswa yaitu, pada siklus I untuk sikap motivasi belajar  memperoleh rata-rata 70,00, dan siklus II meningkat menjadi 81,00. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil hasil test siswa yakni pada siklus I: 68,5, kemudian meningkat menjadi 76,00. Untuk KKM Sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 1 Baregbeg adalah 75 dengan persentase ketuntasan klasikal minimal yang ditentukan 75%. Sedangkan persentase Ketuntasan Klasikal Minimal untuk skala sikap motivasi adalah 80%. Setelah pemberian perlakuan (treatment) selama dua siklus.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Hamilk, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasan, Hamid. (Tt.) Problematika Penelitian Sejarah. Bandung: FPIPS UPI

Fatkhurofi, Imam dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4 No.2, September 2015, hal 140 – 144.

Subakti, YR. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. SPPS, Vol. 24, No. 1, April 2010.

Suryana, Aan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) Dengan Film Dokumenter Tentang Materi Pembelajaran Pendudukan Jepang di Indonesia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kesadaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMA Plus Informatika Ciamis)”. Tesis Pascasarjana UNS Surakarta: tidak diterbitkan.

Wiyanarti, Erlina. (Tt). Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengembangan Pembelajaran Sejarah. Bandung: FPIPS UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v4i2.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.