IMPLEMENTASI MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING MODIVIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Dedeh Rukaesih

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil implementasi model bimbingan dan konseling modivikasi tingkah laku (behavioral) pada mahasiswa Program Studi Bahasa Iindonesia tahun akademik 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (action reseach). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan bahwa modle bimbingan dan konseling modivikasi tingkah laku dapat meningkatkan karakter nahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung dan melalui angket yang diberikan. Kesimpulannya adalah 85% pernyataan positif disetujui, 5% pernyataan positif ditolak, dan 10% pernyataan positif ditanggapi biasa saja atau netral. Selanjutnya, pernyataan negatif 40% disetujui, 20% pernyataan ditolak, dan 40% pernyaataan ditanggapi  netral. Selanjutnya, implementasi model bimbingan dan konseling mampu meningkatkan karakter jujur mahasiswa yang dapat dilihat pada hasil post tes siklus I yaitu sebanyak 10 orang mahasiswa yang tuntas dan menigkat pada post test siklus II menjadi 27 orang yang tuntas.

Keywords


Model Bimbingan Konseling Modivikasi Tingkah Laku (Behavioral); Karakter; Kejujuran; Pembelajaran Bahasa Indonesia

References


Mirdad, J. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).” Jurnal Sakinah 2(1):14–23.

Purwanto, Andri, Runalan Runalan Soedarmo, and Aan Suryana. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar.” J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) 2(2):39. doi: 10.25157/j-kip.v2i2.5288.

Rafiqah, Suhardiman &. Fauziah. 2021. “EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL MODIFICATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK.” Al- Khazini (Jurnal Pendidikan Fisika) 1(1):19–38. doi: 10.24252/al-khazini.v1i1.20832.

Sulaswari, Misroh. 2018. “Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 5 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah).” Jurnal IJTIMAIYA 2(2):32–51.

Suryana, Aan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran STAD Menggunakan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kesadaran Sejarah Siswa SMA Plus Informatika Ciamis.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 8(2):151. doi: 10.25273/ajsp.v8i2.2485.

Makmun, Syamsuddin, Abin. (2005).Psikologi Kependidikan. Bandung: PT.Rosdakarya.

Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia (ALPTKI).(2009). Pemikiran tentang Pendidikan Karakter Dalam Bingkai Utuh Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: