ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS GALUH

D.Rukaesih1 D.Rukaesih

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah: (1) aspek mutu merupakan bagian penting dari penyelenggaran pendidikan  di Unigal, (2) monitoring dan evaluasi merupakan langkah penting untuk refleksi dan pemberian kebijakan mutu penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap mutu layanan di Prodi. Akuntansi FKIP Unigal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Objek penelitian adalah mahasiswa Prodi.Akuntansi FKIP Unigal (n=100). Variabel yang diteliti meliputi: (1) reliability (kepercayaan), (2) responsiveness (daya tanggap), (3) emphaty (perhatian individu), dan (4) tangibles (berwujud).Simpulan penelitian ini adalah: (1) Tingkat kepuasan mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap layanan akademik dalam pembelajaran yang ditinjau dari dimensi Reliability (kehandalan atau kepercayaan) adalah sebagian besar responden 62,5% menyatakan puas terhadap semua aspek pada dimensi ini; (2) Tingkat kepuasan mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap layanan akademik dalam pembelajaran yang ditinjau dari dimensi Responsiveness (daya tanggap) adalah sebagian besar responden 54,29% menyatakan puas terhadap semua aspek pada dimensi ini; (3) Tingkat kepuasan mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap layanan akademik dalam pembelajaran yang ditinjau dari dimensi Emphaty (perhatian individu) adalah sebagian besar responden 57% menyatakan puas terhadap semua aspek pada dimensi ini; (4)  ingkat kepuasan mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap layanan akademik dalam pembelajaran yang ditinjau dari dimensi Tangibles (bukti langsung) adalah sebagian besar responden 66% menyatakan puas terhadap semua aspek pada dimensi ini.

 

Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Mutu Layanan 


Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Blog Media Pendidikan. (2013). ”Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)”. [Online]. Tersedia: http://blog.tp.ac.id/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nht. (19 September 2013.

Bloom, B.S. Et.al (1979). Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educationals Goals. London: Longman Group LTD

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta:Departemen pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Herdian, (2009). “Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together”. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/. ( 19 September 2013)

Huda, M. (2011). Cooverative Learning Metode, Teknik dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juanita, Y. (2009). Penetapan Model Pembelajaran Kooperatif Tpe Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Karim, S, dkk.(2008). Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Mulyadi, Y. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numberid Heads Together (NHT) Pada Konsep Optik Geometris Untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi FPMIPA UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahman.(2008). Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Jatinangor: Alqa Prisma Interdelta

Saraswati, S.L. (2003). Upaya Menumbuhkan Keberanian Siswa SLTP Untuk Mengajukan Pertanyaan dan Mengemukakan Gagasan Melalui Model Latihan Inkuiri. Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan.

Wasis, (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan Mts Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License