MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MARGAHARJA CIAMIS

Rohmat Hasanah, Sukri Sukri

Abstract


Pentingnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kualitas siswa menjadi dasar penelitian ini. Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kualitas siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs.) menjadi fokus kajian MTs Margaharja Ciamis, dimana metode kualitatif digunakan. Hasil yang diungkap: 1) Setiap awal tahun ajaran baru dilaksanakan Perencanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Peningkatan Mutu Siswa. Kepala Madrasah, wakil kepala kesiswaan, wakil kepala bagian kurikulum, koordinator ekstrakurikuler, dan guru pembimbing bertugas merencanakan. 2) Terdapat dua jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilaksanakan yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa kelas 7 dan 8. Paskah, bola voli, futsal, BTQ, drum band, seni musik, dan kaligrafi adalah kegiatan ekstrakurikuler pilihan. 3) Setiap tiga bulan dilakukan evaluasi ekstrakurikuler. Target juara sekolah, jumlah pertemuan yang harus diselesaikan dalam satu semester, dan partisipasi siswa adalah contoh tujuan yang dievaluasi. 4) Mengikuti pengelolaan ekstrakurikuler, nilai siswa meningkat.

Keywords


Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka; Mutu Peserta Didik

References


Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Januari 2018. Hal. 27-33 p-ISSN: 2614-2139; e-ISSN: 2614-1973,

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/ekstrakurikuler

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2016). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Yogyakarta: Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Naskah Juara Harapan I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Dosen TA 2004/2005. Volume XX No. 4 Oktober ± Desember 2004: 478 – 492

Munadi, A. (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume. 5 Nomor 1 2020.

Patton, M., Q. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: