Implementasi Manajemen Kurikulum SMK Pusat Keunggulan Program Keahlian Teknik Elektro di SMK Negeri 1 Rangkasbitung

Hanafiah Hanafiah, Edi Ruslani, Suryana Suryana, Junjun Nugraha

Abstract


Menghadapi DU/DI dan kurikulum SMK yang telah diuraikan, SMKN 1 Rangkasbitung berupaya meningkatkan kualitas SMK untuk menghasilkan lulusan yang lebih siap dalam DU/DI melalui program SMK Pusat Keunggulan (PK). Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum SMK PK Program Keahlian Teknik Elektro di SMK Negeri 1 Rangkasbitung. Penelitian dilaksanakan menggunakan kerangka kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data dilakukan dengan pengujian tahapan implementasis sesuai proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan diawali dengan tahap pembentukan tim KOS Pendidikan yang selanjutnya mendelegasikan beberapa guru untuk mengikuti pelatihan khusus. Pengorganisasian penyusunan Implementasi Manajemen Kurikulum SMK melibatkan sejumlah pihak seperti kepala sekolah, komite sekolah, ketua program keahlian, guru, dan DU/DI. Selanjutnya pada pelaksanaan manajemen kurikulum meliputi aktivitas penyusunan perangkat ajar, proses pembelajaran dan asesmen, capaian pembelajaran, serta pelaksanaan PKL. Terakhir, evaluasi dilakukan yang mencakup (1) kesiapan perangkat pembelajaran, (2) proses pembelajaran yang mencakup ujian harian, tugas, ujian tengah semester, ujian akhir semester, praktik kerja lapangan, serta uji kompetensi keahlian (Du/Di/LSP); (3) persepsi peserta didik terhadap proses belajar; (4) peran IDUKA dalam implementasi kurikulum; dan (5) pandangan orang tua siswa mengenai perkembangan anaknya.

Keywords


SMK, Pusat Keunggulan, Program Keahlian, Teknik Elektro

References


Albert, A. (2020). Studi Soft Skill Lulusan Pendidikan Kejuruan di Tempat Kerja. Majalah Ilmiah Solusi, 8(4), 9 – 15.

Aneta, Y dan Abdussamad, J. (2018). Analisis Fungsi Perencanaan Pada Pengembangan Sistem Transportasi Publik di Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(2), 152 – 165.

Anwar, H., Munir, S., Fazis, M., Adripen., dan David. (2024). Manajemen Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Sungai Rumbai. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 131 – 154.

Disas, E.P. (2018). Link and Match Sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan: LPPM Universitas Pendidikan Indonesia, 18(2), 231 – 242.

Fatah, A., Purwanto., Agrevinna, M., Arimbi, R., dan Azzahra, F. (2022). Identifikasi Tantangan Sekolah dan Guru dalam Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(2), 273 – 277.

Fathurrahman, F. (2021). Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif SMKS YAPIS Timika Papua Program Unggulan Teknik Komputer. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38 – 42.

Irwanto. (2018). Studi Komparasi Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 1(1), 52 – 67.

Kemendikbud. (2015). Grand Desain Pengembangan Teaching Factory dan Technopark di SMK. Jakarta: Dit. PSMK Kemendikbud.

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71 – 94.

Nadiya, A.N.A. dan Andari, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Melalui Pengelolaan Program SMK Pusat Keunggulan (PK) di SMK Negeri 1 Kota Probolinggo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1(4), 788 – 795.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 1(2), 318 – 330.

Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Itihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68 – 74.

Perwita, D. (2017). Upaya Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 9 – 14.

Rahman, A., Zebua, W.D.A., Satispi, E., dan Kusuma, A.A. (2022). Formulasi Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1 – 8.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166 - 178.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutjipto. (2019). Perancangan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pranata Budaya Kerja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 102 – 126.

Tran, L.T. (2013). Internationalisation of Vocational Education and Training: An Adapting Curve for Teachers and Learners. Journal of Studies in International Education, 17(4), 492 – 507.

Yoto, Kustomo, D., Muladi., dan Wardana. (2013). Partisipasi Masyarakat Industri dalam Penyusunan Sinkronisasi Kurikulum di SMK. Jurnal Teknik Mesin, 21(1), 113 – 126.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: