Implementasi Manajemen Kurikulum SMK Pusat Keunggulan Program Keahlian Teknik Elektro di SMK Negeri 1 Rangkasbitung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albert, A. (2020). Studi Soft Skill Lulusan Pendidikan Kejuruan di Tempat Kerja. Majalah Ilmiah Solusi, 8(4), 9 – 15.
Aneta, Y dan Abdussamad, J. (2018). Analisis Fungsi Perencanaan Pada Pengembangan Sistem Transportasi Publik di Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(2), 152 – 165.
Anwar, H., Munir, S., Fazis, M., Adripen., dan David. (2024). Manajemen Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Sungai Rumbai. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 12(1), 131 – 154.
Disas, E.P. (2018). Link and Match Sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan: LPPM Universitas Pendidikan Indonesia, 18(2), 231 – 242.
Fatah, A., Purwanto., Agrevinna, M., Arimbi, R., dan Azzahra, F. (2022). Identifikasi Tantangan Sekolah dan Guru dalam Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(2), 273 – 277.
Fathurrahman, F. (2021). Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif SMKS YAPIS Timika Papua Program Unggulan Teknik Komputer. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38 – 42.
Irwanto. (2018). Studi Komparasi Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 1(1), 52 – 67.
Kemendikbud. (2015). Grand Desain Pengembangan Teaching Factory dan Technopark di SMK. Jakarta: Dit. PSMK Kemendikbud.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71 – 94.
Nadiya, A.N.A. dan Andari, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Melalui Pengelolaan Program SMK Pusat Keunggulan (PK) di SMK Negeri 1 Kota Probolinggo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1(4), 788 – 795.
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 1(2), 318 – 330.
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Itihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68 – 74.
Perwita, D. (2017). Upaya Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), 9 – 14.
Rahman, A., Zebua, W.D.A., Satispi, E., dan Kusuma, A.A. (2022). Formulasi Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1 – 8.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166 - 178.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutjipto. (2019). Perancangan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pranata Budaya Kerja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 102 – 126.
Tran, L.T. (2013). Internationalisation of Vocational Education and Training: An Adapting Curve for Teachers and Learners. Journal of Studies in International Education, 17(4), 492 – 507.
Yoto, Kustomo, D., Muladi., dan Wardana. (2013). Partisipasi Masyarakat Industri dalam Penyusunan Sinkronisasi Kurikulum di SMK. Jurnal Teknik Mesin, 21(1), 113 – 126.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: