Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Wulan Aftilasyah, Astri Srigustini, Sri Hardianti Sartika

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan model pembelajaran Discovery Learning  dengan media scarpbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control grup design. Adapun populasi penelitian merupakan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya yang berjumlah 176 siswa, sedangkan sampel penelitian dengan teknik purpose sampling terdiri dari 35 siswa kelas XI IPS 2 (kelas kontrol) serta 34 siswa kelas XI IPS 1 (kelas experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional, dimana Ha diterima jika nilai Sig.(2-tailed) ≤ 5 % atau 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning dengan bantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Discovery Learning, Hasil Belajar, Scrapbook

References


Assidiq, M. F. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 3 Boyolali Muhammad. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Haryati, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 53–64.

Ismayanti, D. (2016). Permendigbud No. 22 Tahun 2016. Permendigbud, Hal. 31–48.

Latuputty, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 4(2), 19–25.

Nurrahman, B. T., Untari, M. F. A., & Purnamasari, I. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Tema 5 Ekosistem di SD Negeri 1 Getas. Pena Edukasia, 1(1), 53–57.

Sari, D. R., Raharja, H. F., Jawa, J., Indonesia, T., Jawa, J., Indonesia, T., Jawa, J., & Indonesia, T. (2020). Jurnal IJPSE ( Indonesia Journal of Primary Science Education) The Effect Of Discovery Learning Based 3d Scrapbook Media Toward Motivation And Learning Outcomes Pengaruh Discovery Learning Berbasis Media Scrapbook 3D Jurnal IJPSE ( Indonesia Journal of P. 01(01), 108–114.

Sari, S. P. (2019). Analisis faktor- faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips di sma negeri 1 kuantan hilir. 70.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutomo (ed.); Edisi Kedu).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: