Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer Di Prodi Teknologi Pendidikan

Rahmah Ramadhana, Nurhikmah H, Farida Febriati

Abstract


Pendidikan perlu terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Mengingat dampak kemajuan teknologi terhadap bidang pendidikan, maka pendidikan perlu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, khususnya sebagai alat penunjang dalam rangka mencetak generasi yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing.Berdasarkan hasil identifikasi awal ditemukan bahwa masih terdapat materi perkuliahan yang belum sepenuhnya dipahami oleh mahasiswa dan terbatasnya penggunaan media interaktif dalam proses perkuliahan. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kebutuhan multimedia interaktif, 2) merancang multimedia interaktif, 3) menilai validitas dan kepraktisan multimedia interaktif. Berdasarkan tujuan tersebut maka dilakukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE sehingga menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 yang dapat diakses baik secara online maupun offline. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan validasi materi dengan persentase 93%, dan validasi media dengan persentase 97% yang menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Selanjutnya dilakukan uji kepraktisan yang meliputi uji individu melibatkan 4 mahasiswa memperoleh nilai 90%, uji kelompok kecil melibatkan 28 mahasiswa memperoleh nilai 88%, dan respon dosen mata kuliah memperoleh nilai 94%. Hasil pengembangan ini menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dikombinasikan dengan Learning Management System yang dapat diakses melalui link website memudahkan akses pengguna melalui perangkat mobile maupun komputer. Maka dari itu, multimedia interaktif dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Articulate Storyline, Multimedia Interaktif, Pengembangan

References


Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. USA: University of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Bunyamin, B. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UPT UHAMKA Press.

Ferdiansyah, H., Haling, Abd., Nurhikmah H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling,3(2):148–155. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879

Fikri, Hasnul., & Madona, Ade Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Herliani, M. P., Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Smkn 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol.11 (01) :127-135.https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Indrawan, Irjus. Et al. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Banyumas: CV. Pena Persada Redaksi.

Kiptiyah, M., Basuki, I., Munoto, M., & Ismayati, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Teknik Ketenagalistrikan Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 11(3): 389-397.

Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1).

Marisda, D. H., Rahmawati, R., & Andriani, A. A. (2020). Respon Dosen dan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1):25–30. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1463

Mundir, Dr. (2022). Teknologi Pendidikan Suatu Pengantar. Malang: Edulitera. ISBN: 978-623-5693-85-9

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Design approaches and tools in education and training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nurhikmah H. & Haling, Abd. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Video di Kabupaten Sinjai. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. ISBN: 978-623-7496-01-4.

Pagarra H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman, S. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Risqullah, Jamil. 2018. Pengembangan E-Learning dengan Menggunakan Moodle pada Mata Kuliah Pengantar Kurikulum di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05, 19–25. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. ISBN: 978-602-7534-26-1.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. JET: Journal of Education and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Yuberti. (2016). Dinamika Teknologi Pendidikan. Lampung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Raden Intan Lampung.

Zakaria, Faried. (2020). Pengembangan Blended Learning Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.13576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: