Meningkatkan Keterampilan Penguasaan Micro Soft Word Peserta Didik Tunanetra Dengan Media Tutorial Audio

Tutik Muliani, Murtadlo Murtadlo, Wiwik Widajati

Abstract


Pendidikan merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. tanpa terkecuali disabilitas. dalam perjalannya, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang krusial yang dapat memaksimalkan potensi mereka. Metode dalam penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dirancang dalam 4 tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan revleksi yang dilakukan dalam 2 siklus yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik tunanetra SLB-A YPAB, Tegalsari, kota surabaya, dengan kriteria telah mengenal computer namun masih belum bisa mengetik secara optimal serta dalam rentang usia dan kelas yang sama. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan tiap siklus yang dilakukan (siklus I dengan siklus II) dengan kriteria ketuntasan yang telah di tetapkan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini dirancang untuk mengumpulkan data tentang aktifitas peserta didik dalam mengetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari yang pada siklus I sebesar 60,2% menjadi 85,6% pada siklus II.

Keywords


tunanetra, Microsoft word, tutorial audio

References


Agustian, N., & Salsabila, UH (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika , 3 (1), 123-133.

Aldona, R., Widyaningrum, H. K., & Khuzaimah, S. (2024). Penggunaan media Kahoot! Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V SDN 02 Josenan. Konferensi Ilmiah Dasar. UNIPMA. Diambil kembali dari https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5652/0

Andjani, TR (2018). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo .

Bourne, R., Steinmetz, J. D., Flaxman, S., Briant, P. S., Taylor, H. R., Resnikoff, S., ... & Tareque, M. I. (2021). Trends in prevalence of blindness and distance and near vision impairment over 30 years: an analysis for the Global Burden of Disease Study. The Lancet global health, 9(2),

Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., & Listiyani, L. R. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. (A. H. Prasetyo, Penyunt.) Indramayu. Diambil kembali dari https://eprints.unhasy.ac.id/219/98/2.%20Buku%20-%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas_Panduan%20Lengkap%20dan%20Praktis.pdf

Fauziah, SB, Mahmudah, FN, & Susatya, E. (2020). Strategi Pembiasaan Karakter bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) , 5 (1), 21-30.

Mais, A., Yaum, LA, Adi, PN, & Ariyanto, D. (2022). Pengembangan Assistive Electric Vehicles untuk Penyandang Disabilitas Fisik. JOEAI (Jurnal Pendidikan dan Instruksi) , 5 (2), 516-523.

Mua'limin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka. Diambil kembali dari http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU%20PTK%20PENUH.pdf

Muqtadiroh, FA (2018). SAKTI (SANGGAR ANAK KREATIF DAN TEKNOLOGI INKLUSIF): WADAH PENGEMBANGAN POTENSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDEKATAN SENI TERAPI DAN TEKNOLOGI KOMPUTER. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2 (4), 281-284.

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat SMP di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran , 5 (1), 1-19.

Perianto, E., Rianto, R., Pranowo, TA, Noormiyanto, F., Hidayat, L., & Ciptadi, PW (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tunanetra (Aptun) Berbasis Teknologi Asistif Untuk Pencarian Konten Pembelajaran Peserta didik Tunanetra. Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An , 8 (1), 147-â.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)Solusi Alternatif Problematika Pembelajarandenganberbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1). doi:https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Rosita, T., Rochyadi, E., & Sunardi, S. (2020). TEKNOLOGI ASISTIF DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF.

Yaum, LA, Marsidi, M., & Mais, A. (2022). Desain dan Pengembangan Teknologi Asistif Berbasis Aplikasi Speech Text Reading Converter For Conference (SPETRIC) untuk Pembelajaran Daring Bagi Mahapeserta didik Disabilitas Rungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA , 8 (2), 158-163.

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran . Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.13759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: