PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Agi Angkasa, Adun Rusyana, Euis Erlin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan  model pembelajaran open ended problems. Objek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rancah (n= 28). Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sample. Metode yang digunakan adalah  quasi experiment dengan teknik pengolahan data menggunakan uji Z (uji pengaruh) dan N-gain (untuk mengetahui kategori pengaruh). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis tes tertulis dalam bentuk uraian (essay). Simpulan dalam penelitian ini adalah:  penerapan model pembelajaran open ended problems berpengaruh secara signifikan terhadapn peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang (N-gain=0,65)

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2009).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. (2013).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nded). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta: Erlangga.

Hanafiah dan Cucu,S. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M.. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Liberna,H. (2011). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”.Jurnal Formatif.2 (3): 190-197.

Noer, H S. (2011). “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended”. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (1): 105-111.

Nurgana,E. (1993). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Permadi

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ruseffendi. (2004). “menggunakan open-ended untuk memotivasi berpikir matematika”. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 2, (2): 71-78.

Rusyana,A. (2014). Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rieka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: