Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran circle question game dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada system koordinasi dan alat indera manusia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas empat teknik yaitu: pengamatan, tes, dokumentasi, dan angket. Objek penelitian adalah siswa kelas IX-F SMP Negeri 15 Tasikmalaya dalam materi sistem koordinasi dan alat indera manusia (n=28). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran circle question game terbukti dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 33,34 atau meningkat sebesar 28,55% dan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 13,67 atau meningkat sebesar 11,39 %. Terdapat peningkatan proses belajar menggunakan model pembelajaran circle question game dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 0,8 atau meningkat sebesar 20,5 % dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,78 atau meningkat sebesar 19,5 %. Terjadi peningkatan pada rata-rata nilai tes dari prasiklus ke siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 14,67 atau meningkat sebesar 22.56 % dan meningkat pada persentase siswa yang tuntas sebesar 40 %. Dari siklus 1 pertemuan ke 1 ke siklus 1 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 3,6 atau meningkat sebesar 3,2 % dan terjadi peningkatan pada persentase siswa yang tuntas sebesar 6,67 % dan dari siklus 1 pertemuan ke 2 ke siklus 2 pertemuan ke 1 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 2.83 atau naik sebesar 3,4 % dan terjadi peningkatan persentase siswa yang tuntas sebesar 6,7 % sedangkan dari siklus 2 pertemuan ke 1 ke siklus 2 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 2,4 atau meningkat sebesar 2.7 % dan terjadi peningkatan pada persentase siswa yang tuntas sebesar 3.4 %.
References
Ahmadi dan Supriyono (1990) Ahmadi dan Supriyono. Psikologi belajar. Solo: PT Rineka Cipta.
Basri, H. (2000). Remaja berkualitas: problematika remaja dan solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Drost, S.J. (1993). Menjadi pribadi dewasa dan mandiri. Yogyakarta: Kanisius
Elok Sudibyo, dkk,(2008), Buku Paket Kelas 9 . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta
Ibrahim, M.,Racmadiarti, F.,Nur,M.,dan Ismono. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Press.
Suparno, AS. (1998). Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Instruktur PKG. Bogor: Depdikbud
Widyaningsih,T.S. (2008). Implementasi Teknik Two Stay Two Straydan Media Kartu Gambar Dalam Pembelajaran IPS Geografi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX F SMP Negeri Bangun Tapan. Laporan PTK.Tidak Diterbitkan.