Implementasi Model PBL Berbantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah

Tajusy Syihab Azzahi Basyarah, Farhan Harfani, Azhar Farid Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kartu domino untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah di SMKN 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama satu semester. Tahapan-tahapan Penelitian Tindakan Kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari tiga kelas: TPM, TKR, dan TKJ. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi angket, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media kartu domino dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan ini tercermin dari kenaikan skor tes kemampuan berpikir kritis siswa dari pra siklus ke siklus I. Secara spesifik, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 15.1 poin di kelas TKJ, 12.6 poin di kelas TPM, dan 1.2 poin di kelas TKR. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media kartu domino efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah.

Keywords


PBL, Media pembelajaran, Media Kartu Domino

References


Arends, R. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Barrows, H. S. (1986). A taxonomy of problem-based learning methods. Medical Education, 20(6), 481-486.

Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New Directions for Teaching and Learning, 1996(68), 3-12.

Daryanto. (2013). Media pembelajaran. Gava Media.

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. Prentice Hall.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Jones, A. (2018). Gamification in Education: A Game Changer for Learning. Educational Publishing House.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). Cooperation and competition: Theory and research. Interaction Book Company.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Allyn and Bacon.

Kartodirdjo, S. (1992). Pengantar sejarah Indonesia baru: Sejarah pergerakan nasional dari kolonialisme sampai nasionalisme. Gramedia.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2). doi:https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maliasih, Hartono, & P, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 222-226. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publications.

Paul, R., & Elder, L. (2006). Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Pearson Prentice Hall.

Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Bumi Aksara.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem-based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.

Smith, R. (2020). The Impact of Audiovisual Media on Student Learning. Academic Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.15271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: