Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurang dipahaminya materi people around me pada siswa kelas VII-A. Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi people around me ? “. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII-A pada materi people around me. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada tiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi people around me. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan proses belajar, aktifitas siswa dan pemahaman siswa dibandingkan dengan pra tindakan. Proses belajar pada siklus I pertemuan ke–2 meningkat sebesar 78.13 % menjadi 91. 19 % pada siklus II. Demikian pula pada aktifitas siswa mengalami peningkatan pada pra siklus tentang kemampuan mengemukakan alasan sebesar 20% meningkat pada siklus I menjadi 35% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%, keberanian mengemukakan alasan pada pra siklus sebesar 40% meningkat pada siklus I menjdi 50% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%. Menyimpulkan materi dengan bantuan gambar pada pra siklus sebesar 10% meningkat pada siklus I menjadi 25% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 70% pada siklus II. Demikian pula, hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang tuntas KKM sebanyak 16 orang atau 60 % dengan rata – rata 71.75 meningkat pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 25 orang atau 65% dengan rata – rata 78.75 dan meningkat pada siklus II sebanyak 34 orang atau 90% dengan rata – rata 85.
References
Huda,Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Muchlas Samani. (1996). Keterampilan Kooperatif. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Nani Sumarni. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional
Taniredja,Tukiran;Pujiati, Irma;Nyata;(2010) . Penelitian Tindakan Kelas untuk pengenbangan profesi guru praktik.praktis dan mudah.Bandung:Alfabeta
Yudhistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Yang Memenuhi kriteria “ APIK”.Makalah disampaikan pada Forum Ilmiah Workshop Penyusunan KTI Pengembangan Profesi Berbasis PTK Bagi Guru,Pengawas,Kepala SMP-SMA-SMK di lingkungan Dinas Pendidikan kota Tasikmalaya,22 Desember 2006.
Yudhistira, D. (2012).Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria “APIK”.Ciamis:CV.Mulya Abadi.