PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI PEOPLE AROUND ME (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya)

Ratu Ana Lindana

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurang dipahaminya materi people around me pada siswa kelas VII-A.  Rumusan masalah  pokok dalam penelitian  ini adalah: “Apakah  penggunaan model picture and picture   dapat meningkatkan kemampuan  siswa pada   materi  people around me ? “.  Tujuan  penelitian ini adalah  untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran  picture and  picture dapat meningkatkan kemampuan siswa  kelas VII-A pada  materi  people around me. Penelitian  ini menggunakan  metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan  2 (dua)  siklus tindakan,  yang pada tiap siklus dilakukan melalui tahapan  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.   Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan  tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa  penggunaan  model picture and picture terbukti dapat meningkatkan  pemahaman siswa  pada materi  people around me.  Hal ini dibuktikan  dengan adanya  peningkatan proses belajar,  aktifitas siswa   dan  pemahaman siswa  dibandingkan dengan pra tindakan.  Proses belajar  pada siklus I  pertemuan ke–2  meningkat sebesar  78.13 %  menjadi  91. 19 %  pada  siklus  II. Demikian   pula pada aktifitas siswa mengalami  peningkatan   pada pra siklus tentang kemampuan mengemukakan alasan sebesar  20% meningkat pada siklus I   menjadi  35% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%,  keberanian mengemukakan alasan pada     pra siklus  sebesar 40% meningkat pada siklus I menjdi  50% dan meningkat  pada    siklus II sebesar 90%.  Menyimpulkan  materi dengan bantuan gambar pada pra siklus sebesar  10% meningkat pada siklus I menjadi 25% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi  70% pada siklus II.  Demikian  pula, hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang tuntas  KKM sebanyak  16 orang atau  60 %  dengan rata – rata  71.75 meningkat pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak   25 orang atau  65% dengan rata – rata 78.75 dan meningkat pada siklus II sebanyak  34 orang atau  90%  dengan    rata – rata   85. 

Full Text:

PDF

References


Huda,Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muchlas Samani. (1996). Keterampilan Kooperatif. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Nani Sumarni. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional

Taniredja,Tukiran;Pujiati, Irma;Nyata;(2010) . Penelitian Tindakan Kelas untuk pengenbangan profesi guru praktik.praktis dan mudah.Bandung:Alfabeta

Yudhistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Yang Memenuhi kriteria “ APIK”.Makalah disampaikan pada Forum Ilmiah Workshop Penyusunan KTI Pengembangan Profesi Berbasis PTK Bagi Guru,Pengawas,Kepala SMP-SMA-SMK di lingkungan Dinas Pendidikan kota Tasikmalaya,22 Desember 2006.

Yudhistira, D. (2012).Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria “APIK”.Ciamis:CV.Mulya Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: