UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG

Ruhyani Pertama

Abstract


Berdasarkan data di lapangan, permasalahan yang muncul di kelas VII-A SMP Negeri 4 Tasikmalaya, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun. Selain itu, guru pun menyadari bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia, guru belum pernah menggunakan metode dan teknik pembelajaran secara bervariasi. Teknik pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis pantun. Tujuan  penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui penggunaan teknik pengamatan objek langsung di kelas VII-A SMP Negeri 4 Tasikmalaya (N=36). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Simpulan dalam penelitian ini adalah:  Hasil belajar siswa di kelas VII-A SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang semula rendah dapat meningkat dengan adanya penggunaan teknik pengamatan objek langsung pada pembelajaran keterampilan menulis pantun. Hal ini dapat terlihat dari hasil evaluasi yang diperoleh siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 70,1 atau 70,1%, sedangkan pada siklus II sebesar 76,3 atau 76,3%. 

Full Text:

PDF

References


Badudu. (1996) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Badrun, Ahmad. (1989). Teori Pantun. Jakarta : FKIP Universitas Mataram.

BSNP, (2007), Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP, Jakarta : Dinas Pendidikan.

Cholid, N, Achmadi, A. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Faisal, S. (1982). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Kasbolah, (1998). PTK. Jakarta Depdikbud.

Mulyati, Y. (2002). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakata: Universitas Terbuka.

Resmini, N. (2008). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta : Bandung : UPI Press.

Rusyana, Y. (1988). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung : CV. Diponegoro.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, N dan Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sujarwo. (1978). Panduan Menulis Untuk Pemula. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyadi. (1994). Materi Pokok Pendidikan Bahas Indonesia 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya : Penerbit SIC

Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajawali Pers.

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT.Grasind




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: