Pengembangan E-Modul Ekonomi Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi Fase E (Development of Economics E-Module on Phase E Economics Concept Material)

Halimah Halimatusa'diah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan e-modul yang berisi gambar dan tulisan yang disusun dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik berdasarkan kurikulum merdeka pada fase E. Peneliti menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model 4-D yang memuat 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian pngembangan ini peneliti menggunakan 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi yang ahli dibidangnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul ekonomi yang dikembangkan sudah layak digunakan baik dari  validator ahli media dan ahli materi. Adapun respon positif dari guru dan peserta didik berdasarkan hasil data kuesioner yang diperoleh terhadap e-modul menunjukkan bahwa e-modul dapat membantu peserta didik merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam pembelajaran ekonomi, sementara guru menemukan e-modul sebagai alat bantu yang berguna untuk menyampaikan materi pada proses pembelajaran.

Keywords


e-modul, ekonomi, Kelayakan

References


Amin, N. S., Rahmawati, A., Azmin, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMAN 2 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12),5563-5567

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosia(JIPS)l, 1(3).

Kuncahyono. 2018. “Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. 2. 219-231.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung : Bumi Aksara.

Najamuddin, F., Wahrini, R., & Arwadi, F. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM. ISBN: 978-623-387-014-6.

Nurmayanti, F. 2015. “Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA”. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung: ITB.

Rahmawati. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningktkan Kemampuan Berpikir Kritis.

Ramadhana. (2024). “Pengembangan Modul Sejarah Lokal Berbasis PJBL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Lokal Siswa Kelas XI SMAN 2 Bengkalis”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan(JIIP). 7(8), 80888-8096.

Rizali., & Sudarman. 2021. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Propspek. 3(2), 12–21.

Sari, F. A., Trisnawati, F. F., Supentri, S., & Isjoni, M. Y. R. (2024). Digital Literacy-Based Case Method Lecture Model for Strengthening Student Critical Thinking. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 336-344.

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795-2800.

Silvi., Suarman., & Kartikowati. 2019. “The Development of Articulation Learning Model Oriented to Student Activity in Economic Subjects at Pekanbaru Plus Binabangsa High School”. Journal of Educational Sciences (JES). 3(3), 401–411.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syabana., & Susilowibowo, J. (n.d.). 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis FlipBook Perusahaan Dagang Guna Mendukung Proses”. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi(JRPE). 7(1), 17–27.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. 2018. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 12, 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.15907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: