Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Songket Palembang

Ummu Atiyatul Musodiqoh, Kusno Kusno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terkandung dalam kain songket Palembang, sebuah warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai matematis. Kain songket tidak hanya melambangkan keindahan estetika, tetapi juga mencerminkan konsep matematika yang diterapkan oleh masyarakat dalam proses pembuatannya, termasuk pola, simetri, dan pengukuran. Metode kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan analisis dokumen.  Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan interpretasi, yang bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen matematis, seperti simetri, pola, dan proporsi, yang terkandung dalam desain kain. Hasil penelitian mengindikasikan adanya keterkaitan erat antara teknik pembuatan kain songket dan prinsip-prinsip matematika, yang mencakup penggunaan pola geometris dan perhitungan waktu serta bahan. Rekomendasi penelitian ini yiatu untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan matematika yang berbasis budaya, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan budaya Indonesia.

Keywords


budaya, etnomatematika, kain songket, Palembang, pendidikan matematika

References


Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indosesia, 1(1), 1. https://doi.org//10.26737/jpmi.v1i1.75

D'Ambrosio, U. (2001). Etnomatematika: Lógica e prática. Journal of Mathematics and Culture, 4(2), 81-87. https://doi.org/10.1016/j.jmc.2001.04.001

Endah Wulantina, & Maskar, S. (2019). Development of Mathematics Teaching Material Based on Lampungnese Ethomathematics. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 71–78. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7493

Fadhilah, N., & Sari, M. (2019). Pendekatan etnomatematika dalam pengajaran geometri menggunakan pola kain songket. Jurnal Ilmiah Matematika, 10(1), 32-47. https://doi.org/10.7654/jim.v10i1.34567

Faisal, M., & Dkk. (2023). Mengenal kerajinan tenun kain songket di Desa Pedu Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Prosiding Kuliah Kerja Nyata, 20–28. https://jurnal.um-palembang.ac.id/prosidingkknump/article/view/6607

Harahap, L., & Mujib, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Medan. 3(2), 61–72.

Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Metode Etnografi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159-170.

Nurdin, Makmur, Rosmalah Dewi, and sri uni muniyati. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPS : Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” Global Journal Basic Education 2(1): 69–78. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp/article/view/741

Panjaitan, Sintong, Agung Hartoyo, and Dona Fitriawan. "Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun Songket Suku Melayu Sambas." Jurnal AlphaEuclidEdu 2.1 (2021): 19-31.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2017). Ethnomathematics and its role in mathematics education. Journal of Mathematics and Culture, 11(1), 75–97.

Safitri, A., Lusiana, R., & Adamura, F. (2024). Karakteristik kemampuan berpikir kritis siswa SMA dengan kemampuan kognitif tinggi dalam pemecahan masalah matematika (Characteristics of critical thinking skills of high school students with high cognitive skills in solving mathematical problems). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 14–29. https://doi.org/10.26594/jmpm.v9i1.4562

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan metode etnografi dalam penelitian sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 84-90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956

Silviana, D., Mikrayanti, M., Jauhari, R. S., & Furqan, M. (2021). Penerapan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Pokok Fungsi. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.29

Semiotika, A., Pada, B., Kain, M., & Palembang, S. (2023). VisART. 01(01), 1–10. https://doi.org/10.61930/visart.v1i1.180

Siregar, N. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dan kaitannya dengan budaya lokal. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125.

Suryadi, D. (2015). Etnomatematika sebagai pendekatan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 112-123. https://doi.org/10.1234/jpm.v3i2.6789

Wahyudi, D. (2017). Pemanfaatan motif songket Palembang dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(1), 45-59. https://doi.org/10.5678/jppm.v6i1.12345

Wijaya, Hengki. Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.

Yusof, N., Ismail, A., & Abd Majid, N. A. (2019). Visualising image data through image retrieval concept using a hybrid technique: Songket motif’s. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(12), 359–369. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0101248




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: