Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA 4 di SMA Negeri 2 Ciamis dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL)

Martin Rizaldi, Rilva Deni Yogatama, Carlos Hendrawan, Dewi Ratih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan juga angket. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif serta analisis data kualitatif. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik yang kurang berminat dalam mata pelajaran sejarah yang merasa cenderung membosankan karena pendekatan pendekatan pembelajaran yang diterapkan hanya fokus pada Arah dari pendidik ( berfokus pada guru ). Selain itu, juga terjadi kesenjangan pemahaman antar peserta didik, dimana tingkat pengetahuan awal yang beragam seringkali membuat peserta didik merasa kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 (pertama) dan siklus 2 (kedua), menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Pada siklus pertama dari total 36 peserta didik, hanya sebanyak 20 peserta didik yang telah mencapai nilai KKM dengan presentase ketuntasan (55%). Kemudian pada siklus kedua, setelah dilakukan refleksi serta evaluasi maka terjadi peningkatan yang cukup signifikan, dimana dari total 36 peserta didik sebanyak 30 peserta didik telah mencapai nilai KKM dengan presentase ketuntasan (83%) dan nilai rata-rata kelas telah mencapai angka 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas XII IPA 4 berhasil meningkatkan hasil belajar sejarah peserta.

Keywords


Peningkatan, Hasil Belajar, Pendekatan TaRL

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Emiliani, Sugiarti, & Temawati. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Journal of Teacher Professional, 2(Agustus), 217–227.

Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jumiarti, D. N., Fakhruddin, M., & Marta, N. A. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Sejarah: Studi Kasus di SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(1), 64–77. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i1.25021

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Purba, P. B. Juliana. Mawati, A. T. Kuswandi, S. Hulu, I. L. Sitopu, J. W. Pasaribu, A. N. Yuniwati, I. Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahmawati, F. D., Sutiyah, & Abidin, N. F. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Kelas X Di SMA Penggerak Surakarta. Candi: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 22(1), 80–94. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555

Rahmayanti, S. M., Hadi, F. R., & Suryanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Pendekatan TaRL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493

Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY : Journal of Education, 4(1), 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.17954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: