Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Edukognitif Blocks (Studi Deskriptif Kualitatif pada TK Atraktif Bunda Tami Kabupaten Tasikmalaya)

Ruhana Afifi, Mulatsih Sri Utami, Endang Komara, Nandang Koswara, Helmawati Helmawati

Abstract


AbstractThe initial observation at TK Atraktif Bunda Tami, Kabupaten Tasikmalaya, revealed cognitive delays in some children who required additional stimulation. The learning media used were mostly limited to fixed-pattern puzzles from manufacturers, which restricted children's imagination and exploration. The use of interactive and engaging learning media was considered an effective strategy to stimulate cognitive development in early childhood. This study aimed to analyze the cognitive development of children aged 5–6 years through the use of Edukognitif Blocks, describe the forms of learning activities, identify children's responses and engagement, and explore the challenges faced by teachers. A qualitative descriptive method was employed, using triangulated data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research subjects consisted of 10 children and 2 teachers. The data analysis process involved data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings indicated that Edukognitif Blocks were effective in stimulating children's problem-solving skills, logical thinking, and symbolic reasoning. Learning activities included building, classifying, counting, role-playing, and group discussions. The children demonstrated enthusiasm, active involvement, cooperation, cognitive exploration, and improvements in attitude and reflective thinking. The challenges faced by teachers included varying levels of children's abilities, lack of focus, limited media resources, time management issues, and the subjective nature of cognitive development assessment.AbstrakObservasi awal di TK Atraktif Bunda Tami, Kabupaten Tasikmalaya, menunjukkan adanya hambatan kognitif pada sebagian anak yang membutuhkan stimulus tambahan. Media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada puzzle berpola tetap yang kurang menstimulasi imajinasi dan eksplorasi. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan merupakan strategi efektif untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun melalui media Edukognitif Blocks, menggambarkan bentuk aktivitas pembelajaran, respon dan keterlibatan anak, serta tantangan yang dihadapi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak dan 2 guru. Tahapan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Edukognitif Blocks efektif menstimulasi kemampuan memecahkan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolis anak. Aktivitas belajar yang dilakukan meliputi membangun, mengelompokkan, menghitung, bermain peran, dan berdiskusi. Anak menunjukkan antusiasme, keterlibatan aktif, kerja sama, eksplorasi kognitif, serta peningkatan sikap dan refleksi. Tantangan yang dihadapi guru meliputi perbedaan kemampuan anak, kurangnya fokus, keterbatasan media, pengaturan waktu, dan evaluasi perkembangan kognitif yang bersifat subjektif.

Keywords


anak usia 5-6 tahun, Edukognitif Blocks, perkembangan kognitif

References


DAFTAR PUSTAKA

Angraini, M., et. al., (2021). Kendala Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Indoor di PAUD Se-Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 71-78. ren), 7(2), 529-537. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.18441

Daud, et. al., (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Eku, M. G., Ngura, E. T., & Nafsia, A. (2023). Analisis Kemampuan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun di TKN Linajawa. Journal of Science and Social Research, 6(3), 693–698. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/viewFile/1477/1030

Gilano, S.F et. al,. (2024). Pengaruh Permainan Colored Wooden Blocks Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,13 (3), 335-353. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/ceria/article/view/12425/5735?utm_source=chatgpt.com

Kurniawati, F., Surifah, J., Tohani, E., & Rolina, N. (2024). Enhancing Logical Thinking in Preschoolers: The Educational Block Media Approach. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1), 63–72. https://doi.org/10.14421/jga.2024.91-06

Larasati, A., A. et. al., (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Balok di TK Aisyah Bustanul Athfal 2 . BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2 (2), 83-93. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7551

Miharni, N. S. ., Palenewen, E., & Sugeng, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Penggunaan Media Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 99–104.

Monikasari, E., Sumitra, A., & Lestari, L. H. (2023). Media Balok Angka: Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 660-665. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17801?utm_source=chatgpt.com

Nasution, F., Maharani, P., Ritonga, N., & Fadillah, F. (2023). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Pada Anak. Jurnal edukasi nonformal, 4(1), 251-263. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5979

Pango, K & Janul, F. S., (2024). Peningkatan Kemampuaan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Balok Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 3(3), 1113-1121. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i3.4366

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Pusari, F. N. U. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Anak Dalam Bermain Balok. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2729

Rawa, N. R., et. al .(2020). Media Balok Angka Montessori Untuk Aspek Kognitif Dalam Berpikir Simbolik Pada Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1 (2), 107-112. https://xn--jurnallp2m-vt6e.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/563

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septiawati, A., (2020). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Melalui Bermain Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(1),13-27. https://xn--ejournal-0m3d.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/2460

Suryana & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 143-153. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/8632

Yunianingsih & Rohita. (2024). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Media Balok Kayu Pada Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI). 6 (2), 49-57. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/download/2635/1249

Yuningsih, N., Daulay, M. I., & Nurmalina, N. (2023). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Bermain Balok pada Anak Usia 5-6 Tahun. Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.37985/refleksi.v1i2.221




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.19443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: