Efektivitas Project Based Learning Berbantuan Simulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Rini Agustin Eka Yanti, Dedeh Dedeh, Bayu Ramdani

Abstract


Pembelajaran di era digital menuntut inovasi, sehingga pendidik perlu mengembangkan media dan model pembelajaran untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media simulasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media simulasi terbukti efektif secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, dengan rata-rata peningkatan sebesar 66.77% yang termasuk dalam kategori sedang

Keywords


Berfikir Kritis, Project-Based Learning, Media Simulasi

References


Agustin, T., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).

Alec, F. (2012). Berfikir Kritis.

Brassler, M., & Dettmers, J. (2017). How to Enhance Interdisciplinary Competence—Interdisciplinary Problem-Based Learning versus Interdisciplinary Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1686

Damayanti Nababan, A. K. M. A. K. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Dedeh, D., Akbar, D. S., & Putra, R. A. (2020). The Application of Simple Accounting Format In Tradisional Shop. Sosio E-Kons, 11(3), 195. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.4385

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Fahrezi, I., Taufiq, M., & Guru Sekolah Dasar, P. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Negeri, S., & Agus Salim, J. K. (n.d.). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.

Kee, T., Kuys, B., & King, R. B. (2025). Foregrounding Design Thinking In Project-Based Learning amid the Transition to the New Normal. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 19(1). https://doi.org/10.14434/ijpbl.v19i1.34520

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, D. W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7, 142–146. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F

Komang, I., Mahendra, A., Gede, I., Darmawiguna, M., Windu, M., & Kesiman, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DAN INSTALASI SISTEM OPERASI. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 3(3).

Maelani, G., Agustin, R., Yanti, E., & Sutendy, U. A. (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 2).

Mahendra, A. F., Siahaan, M., & Informasi, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: ANALISIS RASIO BERBASIS MULTIMEDIA. In Pusdansi.org (Vol. 1, Issue 1).

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Partini. (2021). Problem Based Learning in Civic Learning in First Grade Elementary. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Putra, R. A. H. A. D. E. (2025). EVALUASI PEMBELAJARAN: TEORI & PRAKTIK (K. Ummatin, Ed.). Jakad Media publishing.

Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 3).

Soni, J. (2022). Efektivitas Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Noninternet dalam Penilaian Akhir Semester Siswa Menengah Atas. At-Tafkir, 15(1), 70–81. https://doi.org/10.32505/at.v15i1.4347

Wulan, D. N., Herman, M., & Putra, R. A. (2022). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL KONVENSIONAL. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.20980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: