UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 TASIKMALAYA

Herna Sumawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data, bahwa terdapat siswa di SMP Negeri 20 Tasikmalaya yang tingkat hubungan sosial antar teman sebayanya rendah. Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa memperoleh data empiris tentang peningkatan hubungan sosial antar teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampling bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mencerminkan tingkat hubungan sosial antar teman sebayanya rendah dibandingkan siswa yang lain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala psikologi dengan jumlah 52 item yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui peningkatan hubungan sosial antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok adalah menggunakan uji statistik wilcoxon. Sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok, tingkat hubungan sosial antar teman sebaya siswa termasuk dalam kategori rendah dengan persentase skor rata-rata 51,23% dengan kriteria rendah. Sedangkan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok, hubungan sosial antar teman sebaya memperoleh skor rata-rata 68,50% dengan kriteria tinggi. Dari uji wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,803 dan nilai Ztabel pada taraf signifikan 5% dan N=10 diperoleh Ztabel sebesar 1,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya.  Simpulannya adalah bahwa terdapat peningkatan signifikan hubungan sosial antar teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Guru pembimbing hendaknya dapat melaksaanakan layanan bimbingan kelompok untuk dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya siswa dengan memperhatikan kesesuaian antara topik yang dibahas dengan tujuan yang ingin dicapai. Kata Kunci: Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya, Layanan Bimbingan                         Kelompok

Full Text:

PDF

References


Ali dan Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ali, Mohamad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakteik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dayakisni dan Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Gerungan. 2002. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Gunarso, Singgih. 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Gunung Muria.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik Jilid II. Yogyakarta: ANDI.

Hariyadi, Sugeng, dkk. 1995. Perkembangan Peserta didik. Semarang: IKIP Semarang Pres

Hartati, S.2004. Pembelajaran Kecerdasan Emosi Melalui Bimbingan Konseling Kelompok. Semarang: Konvensi Nasional ABKIN

Hidayati, Dwi. 2009. Kemampuan Peningkatan Berkomunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Semarang: Unnes

Hurluck, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga

http://lmupsikologi.wordpress.com/2009/12/11/Tugas-perkembangan-remaja/.

Kusuma, Rais. 2008. Keefektifan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kemampuan Berinteraksi Sosial pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang: Unnes




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: