MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL CONTROVERSIAL ISSUES PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian tindakan kelas VIII B SMP Negeri 2 Ciamis)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angkasa, A., Rusyana, A., & Erlin, E. (2019). Penerapan model pembelajaran open ended problems terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(2), 1-4.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Eggen, P. D. & Kauchak, D. P. (1996). Strategies for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn & Bacon.
Ennis, R. H. (1985). Goals For A Critical Thinking Curriculum, Developing Minds: A Resource Book For Teaching Thinking.Virginia: ASCD.
Harjasujana. (1987).“Membaca 2”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasan. (1996). Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Jurusan Sejarah IKIP.
Kemmis, S., & Taggart, R. (1988). The Action Planner (Geelong, Deakin University Press).
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama
Lickona, T. (2012). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Munandar, U. (1999). Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Paul, Richard & Elder, L. (2005). The Miniature Guide to Critical Thinking ”CONCEPTS & TOOLS”. The Foundation of Critical Thinking. California.
Percivall & Ellington (1988). Teknologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga.
Roestiyah. (2008). Stategi Belajar Mengajar.Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Saidihardjo. (2005). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Saripudin, D., & Komalasari, K. (2015). Living values education in school’s habituation program and its effect on student’s character development. The New Educational Review, 39(1), 51-62.
Solihatin, E. (2012). Cooperative Learning, Analisis Model PembelajaranIPS. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan: dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: TERAS
Sumaatmaja. (1980). Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan Sosial, Bandung : Alumni.
Wiriaatmadja, R. (2002). Pendidikan Sejarah di Indonesia: Perspektif Lokal, Nasional, dan Global. Historia Utama Press, Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i1.3229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: