PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI DI INDONESIA
Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia seakan-akan penuh dengan permasalahan, secara eksplisit hal ini terjadi dalam konteks sejarah: pada masa penjajahan, pendidikan Islam berbasis pesantren, dimana pada saat yang sama pemerintah kolonial juga memiliki misi yang sama yaitu mendirikan sekolah dakwah. Saat itu pesantren dan madrasah menjadi sasaran sasaran politik pemerintah kolonial Belanda, sebagai pusat perlawanan umat Islam. Namun setelah merdeka, pendidikan Islam banyak mengalami perubahan dengan mengadopsi berbagai sistem pendidikan, dengan memasukkan berbagai mata pelajaran yang bersumber dari non-Muslim. Pendidikan Islam di Indonesia memang menjadi dilema. Artinya di satu sisi tuntutan untuk meningkatkan mutu dan mutu agar dapat bersaing dengan institusi pendidikan umum, di sisi lain perhatian pemerintah terhadap institusi pendidikan Islam masih rendah bahkan ditempatkan bukan sebagai kelas utama tapi sebagai kelas dua. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis pustaka dan dokumentasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i2.5022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: