PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU DI MIN 2 KOTA BANDUNG DIMASA PANDEMI

Alvin Yanuar Rahman, Anni Nashirrotul Ummah, Ratih Mulyasari

Abstract


The purpose of this research is to determine the effect of information dan communication technology on yhe quality of learning and teacher performance in MIN 2 Bandung city. The method used is descriptive qualitative method, which is a method that describes an condition in the form of written and spoken words and the behavior of the observed subject. Collecting data through interviews and virtual observations. The sample used in this study amounted to 71 people consisting og theacher dan parents of grade VI students. The result of the study stated that this infromation and communication technology is the only means that becomes a liaison as well as can be a means if interaction between teachers and students. Learning is carried out through the Whatsapp application which is considered less effective because of the lack of interaction between teachers and students so that the quality of learning decreases. Many parents complain that distance learning (PJJ) is less effective in delivering material due to the limitations of communication tools that make childres less able to receiive lessons well. Therefore, it is hope that teachers can be more creative in using the available media actively and as much as possible by not forgetting the theme book or package as a learning resource. Tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kualitas pembelajaran dan kinerja guru di MIN 2 Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif Kualitataif yaitu metode yang menggambarkan suatu kondisi yang berupa kata-kata tulisan maupun lisan dan perilaku dari subjek yang diamati. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi secara virtual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 orang yang terdiri atas guru dan orang tua siswa kelas VI . Hasil penelitian menyatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi ini merupakan sarana satu-satunya yang menjadi penghubung sekaligus dapat menjadi alat interaksi antara guru dan siswa. Pembelajaran dilaksanakan melalui Aplikasi Whatsapp yang dinilai kurang efektif karena kurangnya interaksi antara guru dengan siswa sehingga kualitas pembelajaran pun menurun. Banyak orang tua siswa yang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kurang efektif dalam penyampaian materi di sebabkan oleh keterbatasan alat komunikasi yang membuat anak kurang mampu menerima pelajaran dengan baik. Oleh karena itu diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menggunakan media yang tersedia secara aktif dan semaksimal mungkin dengan tidak melupakan buku tema atau paket sebagai sumber pembelajaran.

Keywords


Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ); Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

References


Abdul, I. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Pendidikan dan Konseling , 121-125.

Agnes, E., Kolyaan, Y., & Betaubun, M. (2017 ). PENGARUH PEMANFAATAN TIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SMP NEGERI URUMB DISTRIK SEMANGGA KABUPATEN MERAUKE. Jurnal Magistra, Vol 4, No. 2, 123-134.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran . Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya , 88-100.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online . pamulang: Universitas Terbuka .

Fahyuni, E. F. (2017). TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam . Siduarjo: UMSIDA Press.

Peraturan Pemerintah, P. P. (2013). Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 . Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia .

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Alanalisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, Vol 4, No. 4, 861-872.

Rivalina, R. (2014). KOPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKn Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 10 No. 2, 66-72.

Wibowo. (2013 ). Manajemen Kinerja . Kelapa Gading, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i2.6089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: