METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. 2001. Proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.
Sagala, S. 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Samsunuwijayati, M. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Jurnal:
Hartati, Tri. Widiyantoi, dan Nina Oktarina. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 1 No. 1 2012.
Kardoyo, E. H. Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PS-Ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 4 No 2. 2009.
Mahaputra, I. G. D., Suarni, N. K., & Murda, I. N.Penerapan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester ganjil sdn 4 Bungkulan tahun pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3 No 3. 2016.
Pajriah, Sri. dan Agus, B. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis) Jurnal Artefak. Vol. 04. 2017.
Sunaengsih, C. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Universitas Indonesia. Vol 3 No 2. 2016.
Suryana, Aan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Dalam Pembelajaran IPS Dengan Media Film Dokumenter Zaman Penjajahan Hindia Belanda Di Indonesia Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VII SMP N 1 Baregbeg) Jurnal Artefak. Vol. 2 No. 1 2014.
Skripsi:
Koswara, Ara. 2019. Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA MA Al-Hasan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Galuh. Ciamis.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i1.6785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: