METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar)

Mely Laila Azhar, Sri Pajriah, Aan Suryana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPS dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan design quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar, dan sample terdiri dari kelas VIII A eksperimen menggunakan metode bermain peran dan kelas VIII B kontrol menggunakan metode ceramah.  Ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan memilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi.  Penggunaan metode metode bermain peran pada pembelajaran IPS, yaitu disusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah bermain peran, membuat kuisioner untuk pengukuran kreativitas siswa.  Pengujian Normalitas dengan  menggunkan Chi-Square,  Pengujian realibilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. hasil penelitian penerapan metode bermain ditunjukan dari hasil rata-rata  posttest siswa kelas eksperimen 59.50 sedangkan kelas kontrol adalah 53.00. maka, metode bermain beran dapat meningkatkan kreativitas siswa dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar.

Keywords


Metode, Bermain peran, Kreatifitas

References


Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. 2001. Proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.

Sagala, S. 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Samsunuwijayati, M. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Jurnal:

Hartati, Tri. Widiyantoi, dan Nina Oktarina. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 1 No. 1 2012.

Kardoyo, E. H. Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PS-Ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 4 No 2. 2009.

Mahaputra, I. G. D., Suarni, N. K., & Murda, I. N.Penerapan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester ganjil sdn 4 Bungkulan tahun pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3 No 3. 2016.

Pajriah, Sri. dan Agus, B. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis) Jurnal Artefak. Vol. 04. 2017.

Sunaengsih, C. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Universitas Indonesia. Vol 3 No 2. 2016.

Suryana, Aan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Dalam Pembelajaran IPS Dengan Media Film Dokumenter Zaman Penjajahan Hindia Belanda Di Indonesia Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VII SMP N 1 Baregbeg) Jurnal Artefak. Vol. 2 No. 1 2014.

Skripsi:

Koswara, Ara. 2019. Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA MA Al-Hasan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Galuh. Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i1.6785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: