MANAJEMEN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI DI ERA INDUSTRI 4.0

Romdah Romansyah, Sari Rahayu, Hendi S Muchtar, Rita Sulastini

Abstract


Era industri 4.0 membawa arah perubahan dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi, sosial, budaya bahka dunia pendidikan sehingga diperlukan kemampuan perguruan tinggi untuk bisa adaptif dan relevan dengan dunia kerja atau dunia industri. Oleh sebab itu perkembangan yang terjadi menyebabkan dalam dunia kerja harus membuat perubahan, kompetensi dan keterampilan yang mempunyai kompetensi. Mahasiswa diarahkan dan dibentuk dalam kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi dalam mengoptimalkan perannya di era industri 4.0 ini. Kegiatan dalam proses pembelajaran harus diarahkan pada pemenuhan keterampilan teknologi yang berbasis data. Oleh sebab itu, perguruan tinggi harus meminij program strudinya yang  terencana dan tertuang didalam struktur kurikulum. Maka dari itu manajemen kurikulum perguruan tinggi perlu direvisi agar bisa mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dan dapat bersaing dan menjawab tuntutan era indutri 4.0. Perguruan tinggi harus melakukan perubahan dalam manajemen kurikulum secara tepat guna bisa menjawab tuntutan dan tantangan tersebut. Mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi kurikulum.

Keywords


manajemen kurikulum, Era Industri 4.0

References


Bozer, G., Jones, R. J., Geddes, J., Carney, S., Burgers, C., Brugman, B. C., Boeynaems, A., Fisch, C., Block, J., Richter, S., Schmucker, C. M., Lösel, F., Robinson, P., Lowe, J., Finfgeld-Connett, D., Johnson, E. D., Snyder, H., Fillery-travis, A., Lane, D., … Schabram, K. (2019). The SAGE Handbook of Criminological Research Methods 28 Meta-Analysis as a Method of Systematic Reviews. In Evidence in Mental Health Care (Vol. 39, Issue 1).

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyaraka, Vol. 1(1), 332–337.

Hamalik, Oemar. (2009), Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hasan, Ali. (2008). Marketing. Media Utama, Yogyakarta.

Kan, A. Ü., & Murat, A. (2018). Investigation of Prospective Science Teachers’ 21st Century Skill Competence Perceptions and Attitudes Toward STEM. International Online Journal of Educational Sciences, 10(4), 251–272.

Kunaefi, Tresna Dermawan (2008), Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum). Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kress, G. (2000). A Curriculum for the future. International Journal of Phytoremediation, 30(1), 133–145. https://doi.org/10.1080/03057640050005825

Muhaimin, (2008), Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution dalam Rahmat Raharjo, (2012), Pengembangan dan Inovasi Kurikulum Membangun Generasi Cerdas dan Berkarakter untuk Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Baituna Publishing.

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic reviews: The experiences of a PhD student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35.

Rusman, (2009), manajemen kurikulum, Jakarta: Rajawali pers.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2010), Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol. 29(1), 31–39.

Usman (2010), Husaini, Manajemen; Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263278.http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; 25 Desember 2021. jam; 13:26, wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i1.6866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: