PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) METODE INQUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ciamis)

Ilah Ilah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan zaman yang mengharuskan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kritis siswa tidak diperoleh begitu saja, akan tetapi siswa harus dilatih dan dibiasakan dengan pola-pola pembelajaran tertentu yang menuntut siswa untuk berpikir lebih dalam. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti bermaksud untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) metode inquiri dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan teknik tes.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning metode inquiri terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.

Full Text:

Download PDF

References


Budiningsih, A (2012) .Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar dan pembelajaran, Jakarta : Erlangga.

Ennis,Robeth. H. (1996). Critical Thinking.USA: Prentice-Hall, Inc

Fisher, A. (2008). Critical Thinking AnIntrocduction: Cambridge University Press.

Joyce, L (2008). “Integrasi riset dan desain. Sebuah pendekatan dalam pembelajaran di studio perancangan” . Makalah pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Arsitektur Manajemen Studio Menuju Dunia Arsitektu Profesional, Denpasar

Panich,W. (2012). Pathway of learning for studentin 21st century. Bangkok : Sodsri -Saritwong.

Roestiyah, N.K. (2008) StrategiBelajarMengajar. Jakarta: RinekaCipta

Rusman (2012).Model-Model Pembelajaran Mengembang Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saefuddin, A. (2015).Pengantar Psikologi Inteligensi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sagala, S. (2003). Metode Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya,W.(2006) Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan).Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2012) CooperativeLearning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surasak, S and Noawanit, S. (2015). “ A proposed model of problem-basedlearning on social media incooperation with searching techniqueto enhance critical thinking of undergraduate students” Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences. ?, (?), 2027-2030




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i2.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: